Cara Naik Pesawat

Cara Naik Pesawat

 

Kedengarannya sepele, namun bagi yang belum pernah dan akan memulai penerbangannya yang pertama kali pasti mengalami kebingungan dan tanda tanya besar bagaimana cara atau langkah-langkah mulai dari beli tiket hingga naik pesawat tanpa salah langkah atau terlihat kikuk. hehe i know that coz ku juga ngalami itu saat pertama kali ku naik pesawat. Hem…. Ok kita lanjut… (btw kalo mau tau cara pesan tiket online klik aja TIKET ONLINE)

Langkah-langkah naik pesawat:

1. Pertama kali yg harus diperhatikan adalah kamu mau naik pesawat  pada tanggal berapa, hari apa dan jam berapa serta ke daerah mana. Jangan sampai  kamu beli tiket yang gak sesuai dengan jadwal kegiatan kamu. Jam keberangkatan setiap armada pesawat berbeda-beda dengan harga yang berubah setiap menitnya. Semakin mendekati hari H keberangkatan, harga tiket semakin mahal. Misalkan kegiatan hari Sabtu tanggal 24 September jam 13.00 WITA di Balikpapan. So, tentukan deh kamu mau berangkat hari sabtu paginya atau hari jum’at.

2.  Menghubungi agent untuk memesan tiket.

Selain melalui agent, bisa juga secara online. kalau aku seringnya menghubungi lewat telp agent tiket pesawat.  cukup dengan menghubungi no.telp agent tersebut, lalu tanyakan missal ingin berangkat sabtu pagi, jadi tanyakan hari sabtu tanggal 24 sept keberangkatan pagi dengan armada apa saja missal Garuda, Merpati, Lion Air, Batavia Air, atau lainnya. Jam berapa saja, dan harganya berapa saja. Dari list yang disebutkan pilih yang sesuai dengan jadwal kegiatan (jangan mepet waktunya ya coz kadang suka delay-penerbangan tertunda), dan sesuai dg budget yang kamu punya. Ohya bila sudah pasti jadwal kepulangan beli juga tiket kepulangannya..

3. Setelah memesan tiket dan tiket telah diterima, lihat lagi jadwal yang tertera pada tiket apakah sesuai dengan yg kamu pesan. Liat pula tempat keberangkatannya di terminal berapa (yang dilingkari merah).

Tiket Pesawat

Di Bandara Soekarno Hatta terdapat  3 terminal yaitu:

Terminal 1

Terminal 1 merupakan terminal penerbangan domestik yang dibagi menjadi tiga sub terminal yaitu:

  • Terminal 1A: Lion Air dan Wings Air.
  • Terminal 1B: Lion Air (tujuan Sumatera), Sriwijaya Air, Kartika Airlines, dan Express Air.
  • Terminal 1C: Batavia Air, Garuda Citilink, dan Airfast Indonesia.

Terminal 2

Terminal 2 juga dibagi menjadi tiga sub terminal, yaitu:

  • Terminal 2D: khusus penerbangan internasional oleh Air Asia, Air China, Batavia Air, Cathat Pacific, Cebu Pacific, China Airlines, China Southern Airlines, Emirates, Eva Air, Japan Airlines, Jetstar, Kuwait Airlines, Lufthansa, Malaysia Airlines, Mandala Airlines, Philippine Airlines, Qantas, Qatar Airways, Saudi Arabian Airlines, Singapore Airlines, Thai Airways International, Valuair, dan Yemenia.
  • Terminal 2E: khusus penerbangan internasional oleh Garuda Indonesia, Etihad, KLM Royal Dutch Airlines, Korean Air, Lion Air, dan Royal Brunei.
  • Terminal 2F: penerbangan domestik oleh Garuda Indonesia dan Merpati Nusantara.

Terminal 3

Terminal 3 merupakan terminal baru dan digunakan oleh maskapai Indonesia Air Asia dan Mandala Airlines untuk penerbangan domestik

4. Keberangkatan

Nah ini dia yang ditunggu-tunggu d’ first time on a plane… pastikan seluruh keperluan terbawa termasuk visa, passport (bagi yg ke luar negeri), KTP, dan tiket.

Sebaiknya tiba di bandara 1,5 jam lebih awal dari jadwal keberangkatan dikarenakan ada beberapa prosedur yang harus dijalankan serta menghindari hal-hal yg tidak diinginkan yg dapat menyita waktu.

Tujulah terminal yang tercantum dalam tiket. Lalu masuk melalui pintu keberangkatan(Boarding Lounge) dengan menunjukkan tiket kepada petugas.

Boarding Lounge Terminal 1A
Boarding Lounge

5. Berjalanlah menuju X-Ray dan letakkan barang bawaan kamu di atasnya, dan ambil kotak yang tersedia di dekat mesin untuk tempat handphone. Gunanya untuk memeriksa barang-barang bawaan penumpang.

X-Ray
X-Ray

Sedangkan untuk pemeriksaan penumpang dilakukan dg menggunakan metal detector seperti gapura berikut ini.

airport metal detector

Berjalanlah melewatinya, bila sensornya berbunyi dan ada petugas yang mendekati dan memeriksa secara manual (meraba-raba), jangan khawatir karena lelaki akan diperiksa oleh lelaki dan perempuan akan diperiksa oleh perempuan, dan itu bagian dari prosedur keamanan.

Oke, lanjut… berjalanlah menuju tempat check-in atau pelaporan yang ditandai dengan deretan meja dan layar komputer. Fungsinya untuk menukarkan tiket kamu dengan boarding pass (nomor kursi).

Check In

Serahkan tiket dan KTP kamu ke petugas, dan bilang tanpa bagasi bila barang bawaanmu tidak kamu titipkan ke bagasi. Namun, bila barang bawaanmu berat seperti koper dll yg berkilo2, so titipin aja ya, ntar kamu dikasih no. bagasi, yang nantinya kamu cocokkin saat tiba di bandara tujuan.

Boarding Passs berisikan dari dan tujuan penerbangan, no. penerbangan, tanggal dan waktu keberangkatan, dan no. kursi.

SEAT: menandakan no.kursi kamu, misal no. 15E. Satu no kursi ada beberapa seri misal 6 seri yaitu A,B,C,D,E,F.

Boarding Pass

Berikut adalah tampilan no. seat/kursi di dalam pesawat

Setelah dapat no. kursi dan bagasi melangkahlah menuju tempat pembayaran tax (pajak). Di bandara SOETTA pajaknya 40.000 rupiah.

Airport Tax

Kemudian tanyakan ruang tunggu kamu di mana. Setelah bayar tax, masuklah ke ruang tunggu, misal di ruang tunggu A5. maka cari ruang tunggu A5. di sana lah kamu menunggu hingga petugas memberikan informasi keberangkatan  dan melalui pintu mana. Didengar kan baik-baik ya… Tips, bertanyalah pada penumpang kiri-kanan kamu, cari deh yg satu tujuan dengan kamu sehingga kamu tinggal mengikutinya saja^_^

Boarding Gate

Boarding Gate ini fungsinya sebagai ruang tunggu. Semoga gak kena delay ya..  agar gak bosen bawa deh buku bacaan kesukaan kamu… or jelajahi dunia maya…

Bagaimana? sudah dapat gambaran kan? so, happy flying…

oppss… selalu berdo’a ya setiap menaiki kendaraan.. ^_^

_ara’s tsan_

177 thoughts on “Cara Naik Pesawat

  1. Hm…guwe dah lama bgt ga brprg an naik pswt… Jd ky baru lg deh…
    21 des nanti guwe trip ke batam via sriwijaya,sendirian pula… Parno lg deh.. Gmn dunk?

    • wah seneng yak jalan2 di akhir taun :)
      ikutin aja langkah2 di postingan web ini semoga membantu… yg penting sih tiket dah ditangan n tau keberangkatan di terminal mana, dhedee berarti mesti ke terminal 1 B. kalau naik taksi tinggal minta diturunkan di terminal 1 B aja. waktu datang jgn mepet, 1 jam lah minimal dah di bandara jd kalau knp2 misal tersesat gitu kan msh ada space waktu… :)
      kalau ragu tanya2 aja ke petugasnya or orang2 disekitar…

  2. kok ane takut ya mo naek montor mabur??? padahal bulan depan ane mau mabur ke luar negeri nih Gan..
    Kalo ane bawa barang rahasia yang seabreg pake koper? trus dibawa ke kabin? itu nggak masuk bagasi ya gan namanya? trus ntar mo ditaruh dimana tuh didalem? apa di deket kaki kita pas kayak naek bus ekonomi?
    bantuin ya Gan..

    Makasih sekali ya udah nolongin wong ndeso..

    • barang rahasia apa nih? gak yg melanggar hukum kan? *peace…
      kalo koper nya gede ya mending di bagasi aja. tapi klo koper mini/kecil gitu dibawa jg gak apa2 ditaruhnya bisa di bagasi kecil di atas tempat duduk penumpang.

    • gakada yang rahasia kl masuk airport, semuanya kedetek ama scanner. max yang boleh masuk kabin ada ukurannya, kalo melebihi ukuran, biasanya di gate keberangkatan distop. trus diminta untuk masukin bagasi aja.
      Di dalem kabin ada slot bagasi kecil di atas kepala. macam kaya di kereta api gitu

  3. Ma kasih byk ya sist dah posting artikel ini…berguna bgt coz aq sm mama bln jan 2012 mau ke padang dgn sriwijaya air.. ini penerbangan aq yg pertama jd rada2 msh takut kalau2 nanti salah naik pesawat.. :) kalau dr sriwijaya nya kan dpt free bagasi 20kg itu maksudnya apa ya? barang bawaan yg max 20kg itu berarti bisa dibawa ke kabin ya?? thankz atas jawabannya yg pasti ngebantu banet..

    • klw dapat free kapasitas 20kg berarti selama barang2 bawaan yg mw dititipkan ke bagasi/cargo tidak melebihi 20kg maka gak kena cas/bayar. klw lebih dari 20kg akan dikenakan biaya…

      wah seneng jalan2 bersama mama di Padang, happy tour :D

    • nanti ada ruang tempat mengambil barang, tiap maskapai berbeda seperti saat menyerahkan barang2 ketika mau berangkat ada pos nya masing2… barang bawaan akan keluar dari semacam x-ray yg body nya memanjang… lalu cocokkan tas dg no.bagasi yg ada…

  4. ahahaha membantu sekali… ane dari surabaya lum pernah naik pesawat sama sekali…. tapi di ajak paman kerja di Batam dan tgl 12 sudah dibelikan tiket untuk persiapan pemberangkatan…….

    dengan adanyaa blog ini… agak melegakan… step by step… for the flyng

    thx Zefatsani’s Blog

  5. ka.. aku bln mei ini mau ke bali untuk liburan.. dan aku sendirian sendirian.. karena keluarga aku akan berangkat duluan, dan aku di jemput di bandara denpasar.. ini pertama kalinya aku naik pesawat.. informasi kaka sangat membantu.. tapi aku tetap takut salah langkah.. :(

    ka, sewaktu masuk ke boarding lounge hanya tiket saja yg ditunjukkan ya? tidak perlu ktp? lalu ketika berjalan di x-ray koper aku taruh di mesin yg berjalan itu ya ka? lalu hp/kuci rmh di taruh di baki? lalu bakinya di apakan? apakah ada petugas yg memeriksa baki tempat hpnya? atau bakinya aku di taruh di mesin berjalan tadi sama dengan koper?

    setelah itu aku ke airport metal detector ya ka? pada waktu aku melewati airport metal detector, koper dan hp aku dibawa/msh di mesin x-ray?

    lalu setelah selesai aku hrs check in kan ka. tapi pada wkt check in kaka blg banyak deretan meja dan layar komputer, apakah bisa dmn saja check in nya? atau hrs dicocokkan antara kode yg ada di tiket dgn yg ada di monitor? kemudian pada wkt check in kopernya di timbang ya ka? kalau kecil bisa msk pesawat? dan tidak perlu bayar bagasi lagi ya ka?

    kemudian setelah check in harus bayar tax nya dimana? apakah ada monitor bertuliskan “tempat pembayaran pajak” tdk ka? setelah itu menunggu di ruang yg diberitahukan oleh petugas ya ka? lalu dengarkan baik2 mesin pengeras suara untuk informasi pintu yg hrs di lewati menuju pesawat ya? oia ka, koper kecilnya klo tdk msk bagasi, aku bawa smp msk ke pesawat kah?

    kaka, maf pertanyaan aku banyak.. aku benar2 gugup.. :(
    terimakasih untuk jawabannya.. akan sangat membantu aku..

    • trims ya nihon dah berkunjung ke blog ini :)

      1. saat masuk ke boarding lounge hanya tiket saja yang ditunjukkan
      2. Untuk x-ray segala barang bawaan seperti tas, koper, plastik itu mesti dimasukkan ke x-ray
      3. hp ditaruh di baki biasanya nanti petugasnya yg ngasih ke kita setelah kita melewati metal detector, hpnya sih gak diperiksa
      4. saat melewati metal detector, segala macam barang bawaan ditaruh di x-ray tujuannya untuk memastikan bahwa tidak ada barang2 mencurigakan yang tersembunyi di badan kita, setelah melewati metal detector ambil deh hp n kopernya
      5. jalan menuju tempat check in yang ada tulisan armada pesawat kamu, misal kamu naik garuda so cari yang bertuliskan garuda. tapi untuk beberapa bandara ada yang hanya cuma 1 or dua tempat check-innya.
      6. kalo koper kecil dibawa aja gpp, gak ditimbang sih n gak perlu bayar.
      7. beda2 kalau di bandara soekarno-hatta setelah check-in jalan menuju eskalator disana ada tempat pembayaran tax dan ada tulisannya. tapi ada juga bandara yang tempat pembayaran tax-nya di depan pintu masuk (boarding lounge)
      8. tanyakan aja pas check-in ruang tunggu nya dimana. nanti naik eskalator setelah melewati loket pembayaran tax dan cari ruangannya (ada penunjuk arahnya berupa tanda panah)
      9. setelah ketemu ruang tunggu, duduk santai aja disana sembari kenalan disamping mungkin saja ke tujuan penerbangan yang sama dengan jam penerbangan yang sama so merasa gak sendiri deh… ntar di umumkan oleh petugas kalau sudah waktunya take-off. kopernya dibawa juga…

      semoga membantu ya… :)

  6. sangat membantu… oya, kl anak balita gmn? apa hrus beli tiket jg trus kl blm py ktp gmn? kita ada rencana mo anter istri ke medan. kebetulan istri lg hamil dan ada anak msh yg balita. di tambah ponakan yg usia 17 tahun tapi gk punya ktp…. tlg pencerahannya…

    • di tiap maskapai penerbangan mungkin berbeda kebijakannya. untuk tarif tiket pesawat biasanya ada 3 kelompok:
      1. Dewasa : lebih dari 12 tahun
      2. anak-anak : 2 sampai 12 tahun
      3. bayi : di bawah 23 bulan.

      karena itu sepertinya ditanyakan ke agen atau langsung ke maskapai yang hendak digunakan. tapi setiap penumpang baik bayi sekalipun mesti punya tiket, namun harganya lebih murah dibandingkan tiket untuk orang dewasa.

      saya pernah ketinggalan ktp saat pergi ke bali, saat itu saya berlima dan syukurnya bisa diwakili oleh seorang teman saja.

  7. Kalo nama di tiket n di KTP beda 1hruf gimana? masalahnya tiket saya udah di pesan,di tiket tertulis Yudya sementara di KTP namanya Yudia,tapi kalo berdasarkan akte sih yg benarnya Yudya..jadi gimana tu kira2 bsa gak ya?tlg bls secepatnya ya soalnya butuh bgt

  8. Teman,
    mau tanya donk, Saya pesan tiket online di situs garuda untuk keberangkatan domestik bln mei, sudah dapet no registrasi, yg mau saya tanyakan untuk mendapatkan no kursi itu bisa di pesan sebelum bulan keberangkatan atau tidak ya?? truz kalo dapet no kursinya saat boarding berarti bisa2 Saya ga bersebelahan ya sama istri saya??

    thankz atas bantuannya..

  9. kk ak mau nanya ni tp tlng agak cepat y kk blazny coz
    ak tgl 22 mau brangkat dr medan ke padang..
    kk ak mash ragu ttg bayar pajakny ni..dmn y bayarny stelah check in.?
    tp saat ak beli tiket nggak ad dbilang sm agenny untuk bayar pajak.?

  10. wah, bagus ni blognya :), salam kenal, saya mau nyoba2 ah naek pesawat, numpang nanya y gan:
    1. kalo misal lampung-jogja, artinya: lampung-jkt-jogja, nah, misalnya saya naik sriwijaya, kalo saya bawa barang dibagasi itu nanti di jkt barang saya ambil dulu atau gimana y?, caranya gimana y untuk meneruskan penerbangan dari jkt ke jogja, misal dengan pesawat yg sama atau misal dengan beda pesawat?.
    2. kan di pesawat 1baris ada beberapa kursinya, nah menentukan nomor kursinya bagaimana y tepatnya?
    Maaf y pertanyaannya aga panjang, maklum saya ndeso :)

  11. Ka fany,tolong tips kilat nya.. Spy ga parno trip sndri an,
    Aku..tgl 6 april trip ke batam via lion..
    Krn udh lama ga trip pswt..jd inget2 deh,gmn yh?
    Dr aku otw kbndar & urus naik pswt nya, tq sista

  12. Ω̶ƙΰ ♍ªύύύ otw batam,belom beli tiket she,,,msih bngung soalnya ini Ŷªηƍ pertama,tapi blog ini membantu bngt bagi pemula kaya ªķΰ ,setidaknya ada sedikit gambaran lah.
    Mksh bngt ݪªª,,,,,,,,,,,,,,
    Top lah .

  13. Klo saya uda pesen tiket online di garuda ,tp ada beda nama 1 huruf di tiket dengan Passport,tolong advice nya dong mba….thanks

  14. mba, kalo tata cara transit gimana ya? saya kan dari medan mau ke semarang. berarti harus transit di soekarno hatta kan, nah cara nuker tiket transitnya gimana sih ya?
    terimakasih sebelumnya:)

    • kalau transit yang mengharuskan turun dari pesawat maka setelah turun pesawat (ingat ya barang2 kamu dibawa ya dan boarding pass-nya). Lalu kamu pergi ke meja transit mengikuti arah penunjuk yang ada atau tanya2 ke penumpang lainnya (lbih aman tanya ke petugas setempat aja) ^_^ setelah sampai di meja transit nanti oleh petugas akan diberikan kartu transit dan tanya dimana ruang tunggunya lalu kamu ke ruang tunggu deh hingga dipanggil kembali untuk naik pesawat. kartu transitnya ditunjukkan ke petugas di pintu keluar menuju pesawat. semoga membantu

      • terimakasih banyak mba:)
        masih ada pertanyaan lagi ni, emang model dan bentuk kartu transitnya beda ya sama boarding passnya? Terus ada keterangan “gate & seat” nya gak, kok pake nanya segala ruang tunggunya dimana?

      • kan beda bandara, ruang tunggu juga ada beberapa jd nanya aja drpd salah :) ada yg dikasih kartu transit sesuai dengan nomor kursinya jd ntar ke pesawatnya duduk sesuai kursinya. kalau penumpang gak dipersilahkan turun pesawat gak perlu turun ya,,

      • yg dimaksud barang2nya dibawa itu kan barang2 yg tadinya kita bawa ke kabin kan, bukan barang yg masuk bagasi?

  15. 5 hari lagi pengalaman mudik pertama naek pswt,
    gara2 kehabisan tiket kereta ekonomi ke Malang, terpaksa cari tiket kereta eksekutif, eiiitts ternyata mahal bner jelang lebaran, siap2 naik bus dari jkarta ke malang,
    iseng2 liatin tiket pesawat online(sambil ngledekin dalem ati ‘mahal bener’, gak cocok dah ma udik kyak ane, hehe….eh ternyata jelang lebaran gni nemu si brung dara yg masih ada promo, harganya sama persis dengan naik bus n lebih murah 25% dari kuda besi eksekutip), yah kesampean dah mimpi naek pesawat….
    thanks ya cuyy postingannya barokah deh, doain ya selamat mulai awal hingga akhir perjalanan :)

  16. TETEH SENIN BESOK AKU MO TEBANG KE ACEH NIH,,, PERSOLANNYA AKU MASIH REMAJA YG JELAS KARTU IDENTITAS GG AD,,, KALO AKU PAKE SURAT KETERANGAN DARI SEKOLAH APAKAH DI KASIH MASUK KA,?, OK HATUR NUHUN,, OA 1 LAGI DI DLM PESAWAT BOLEH BUKA LEPTOP GG,,,
    MOGGO DI JAWAB YA TETEH

  17. waaahhh..pas banget nh buat aku yg baru pertama kali naik pesawat sendirian
    ..btw aku masih gugup nih,padahal dah mau berangkat tgl 18 nanti
    nanya boleh ya???
    di tiket aku qok tidak ada tercantum terminal keberangkatnnya ya??makasih

  18. Sebentar lagi leb idul adha ya sekitar tgl 23 okt rencana nya aku mau pulang ke bandung (skrang aku di palembang) aku disuruh naik pesawat aza katanya biar cepet (biasa aku mudik pake mobil pribadi), ini pertama kalinya aku naik pesawat deg2 an juga plus bingung padahal udah dikasih tau cara2 nya trus udah baca juga tulisan kaka di atas, trus gini ka mau tanya klo orang yang nganterin kita gak bisa nganter sampai ruang tunggu ya ! trus klo sendiri kita ikutin aza kmana orang lain ato mending tanya petugas az ? klo ada yang mau ke jkt tgl 23 bisa gak qta barengan :(

    • mm, kyknya gak bisa tuh,, tenang aja banyak petugas nanti yg bisa ngebantu :) ikutin aja langkah2nya ya… *tips kl bingung tanya aja tanpa sungkan ke petugas… met liburan ya neng uprit ^_^

  19. Ping-balik: Cara Pesan Tiket Pesawat Online | Zefatsani's Blog

  20. Mbak maaf nih mau tanya :) aku kan ntar tggl 28 des ini mau dari medan ke makassar tuh.. Ada bbrpa prtnyaan yg sampai sekarang masih nyangkut dipikiran ._. Nah itu kan transit di jakarta tuh mbak.. Kalau aku bawa koper apa pas transit ntar di jakarta kopernya aku ambil lagi apa nanti aja sampai di makassar baru kopernya aku ambil? Itu aja mbak mohon dibales ya mbak ;) habisnya bingung ini :(
    Sebelumnya makasih bgt buat blog nya [keren] :)

  21. mas numpang nanya nih..
    Kalau bagi penumpang umur 17 ke bwah/alias pelajar..bisa kah menggunakan identitas lain seperti kartu pelajar/kartu keluarga kan soalnya belum punya KTP umur saya juga masih 16

    Mohon di balas dengan cepat..soalnya butuh sekali..

    TerimaKasih !

  22. numpang nanya nih,kasus saya seperti yg diatas,besok ingin naik pesawat tetapi masih dibawah umur 17 tahun dan blm mempunyai ktp. kalau misalkan hanya memakai memakai fotocopy kartu keluarga (bukan yg aslinya), boleh tidak? terima kasih :)

  23. Mba..aku mau tanya..aku dari awal pesan tiket singapore-delhi..dan delhi-singapore (PP) lalu sewaktu di india aku di belikan tiket ke thailand…nah pertanyaan ku sdkit aneh mungkin.,tpi apakah bisa.,tiket pulang ku dari delhi itu di pakai dari thailand ke singapore…trmksih ya mba.,mohon bantuan nya…

  24. postingannya ngebantu bgt buat yg awam ky saya, hhe, :) owh y mbak aku mau tanya,, aku rencananya mau k Frankfurt Germany sekitar bulan april, kalo pas ntar transit2 gto gmn y? bisa d jelasin lagi g mbak detailnya dr bandara d jakarta sampai k negara tujuan??? makasih y mbak..

    balas

    • first,,, congrats didie yg mau fly ke german,,, secara aku aja blum pernah ke LN, masih berharap tahun ini tuh paspor dicap hehe,,, so mungkin readers lainnya bs bantu didie? utk quick response didie bs googling dulu ya transit di LN tuh gmn :) kl ku da infor ku kabari jg di sini,,

  25. mu tanya mbak,bsk akukn pke 2 pesawat yg beda dari MES-BJB Via CGK,
    nah…kira2 nti pas transit d CGK sung k mna yah, perlu check in lg g ? ??
    Medan – Banjarmasin yang pasti bikin Jet Lag dah…
    Bismillahi Rahmannir Rahhim…. doain yah mdh2n slmt mpe t7n.
    sukses yh bwt blog’y.. bermanfaat gila….suer dah..

    • jika harus turun pesawat, pergi ke meja transit, ikuti jalur yang sudah ditetapkan (lihat papan penunjuk), atau ikuti orang lain yang kamu tau 1 jurusan dg kamu ke meja transit. di meja transit kamu akan diberi kartu transit. dari situ kamu pergi ke ruang tunggu yang akan diberitahu oleh petugas meja transit. di ruang tunggu, penumpang akan dipanggil saat waktu untuk naik pesawat tiba. ingat harus menunjukan kartu transit kepada petugas di pintu keluar menuju pesawat.
      saat turun dari pesawat utk transit, ingat juga untuk selalu membawa tas berisi barang pribadi dan berharga anda. jangan lupa boarding pass kamu ya,,,.

      ohy kalau transit gak ganti pesawat, so kamu ga perlu turun dari pesawat

      slamat mengudara,,,,

  26. (T^T)b keren bgd blogny.. sy mau tny donk.. apabila ada kesalahan pda status gender ditiket utk pnerbangan domestik lion apakah bermasalah bsar?? ex.shrusnya mrs. tp yg tercetak ditiket mr.? mhon bantuannya..

  27. (T^T)b keren bgd blogny.. sy mau tny donk.. apabila ada kesalahan pda status gender ditiket utk pnerbangan domestik lion apakah bermasalah bsar?? ex.shrusnya mrs. tp yg tercetak ditiket mr.? mhon bantuannya..

  28. salamullah lanaa abadan :D
    waaaa iki!!!
    pas banget mbak broo, liburan niw aku maen ke jakarta naek kereta, pulangnya naek pesawat. seumur” baru sekarang mau naek pesawat, sendirian pula -__-
    makasih ya infonya, manfaat banget buwat kami (umumnya) dan aku (khususnya) yang ga pernah nunggang montor mabuuuuur :D
    jazakillah khoiron katsiron :)

  29. Alhamdulillah,Dapat juga ilmu yang memang aku cari.syukron ukhti atas infonya mengenai tata cara naik pesawat dengan baik dan benar sesuai urutanya.Dan terima kasih kepada teman2 yang sudah tanya jawab sama mbak Zefatsani,pertanyaan kalian mewakili pertanyaanku pada mbak zefatsani.Besok adalah “the first time fly” saya.Sudah baca postingan mbak dengan seksama,tetap saja masih deg deg’an juga….,hehehe
    Terimakasih

  30. Kalau misalkan kita mau pergi ke negara lain kan jatuhnya internasional dan bawaan barangnya batas 20KG kalo lebih dari 20 KG d itung per KG nya berapa ? lebih nya itu ada yang tau ??? contoh dari indonesia mau ke pilipina lalu barang saya lebih harusnya 20 tapi saya 27 andaikan nah pembayaran hitunganya gimana ? per KG ny ada yang tau ga? sekdar informasi

  31. Mau tanya neh..
    kalo di terminal 1 c bandara sukarno hatta setelah kita check-in dan bayar bording pas, kita masih bisa keluar ga..??

  32. Fren,

    Saya mau tanya. Saya baru booking tiket lion jakarta- medan an. Darmiati dan habib alfarug. Tp nama di KTP nya beda yaitu Darmiwaty dan Habib Alfaruq. Itu pas check in bermasalah tidak ya?

    Trims.

  33. kak ,mau tanya dong kan aku beli tiketnya online .nah kan dapet tiket online juga ,itu kalo pas di bandara kita ngasih tau kode bookingnya aja ato kita harus nge-print sendiri tiket elektroniknya?

  34. kak, saya mau tanya.
    sayakan masih pemula dalam naik pesawat.
    kalo mau keluar negrikan harus punya visa sama pasport, nah kalo sepertinya cuma keluar propinsi gimana? harus punya visa sama pasport gak?
    maaf ya kak, saya masih kurang mengerti dari penjelasan kakak yang di atas.

  35. Terimakasih ini informasi yg sangat bermanfaat,

    sya mau nanya, besok adalah penerbangan pertama saya dari soeta ke ngurahrai,

    yg saya tanyakan : bayar tax/pajaknya sekali disoeta aja atau pas sampai dingurahrai juga bayar?

    Trmksh.

  36. malam , mau tanya ni kalo beli tiket online mn y ? ko saya gagal trus hehe.. kebetulan mau pake air asia.

    oh y kalo buat bagasi itu kita bayar gak ? ato ada batasan yasampe brp kg trus kita harus bayar ?
    makasih y…

      • Mbak,,, mau tanya dunk,,, kalau mau naik pesawat dari surabaya-lampung khan transit di Jkt, kalau naik pesawatnya beda, gimana cara transitnya Ɣa? Apakah harus check in Ľªƍΐ_ sperti pertama datang ke bandara? Misal dari SBY-JKT naik air asia, trus JKT-Lampung naik sriwijaya, Tolong di jawab Ɣa mbk,,, terimakasih.

  37. mau tanya min, oktober nanti saya mau berangkat ke Nuremberg, Jerman. Dan ini pertama kalinya saya naik pesawat. bingung, takut, excited campur jadi satu. Admin, bisa kasih tau saya langkah mulai dari pemesan tiket sampai ke tempat tujuan, khususnya yang saya takutkan adalah transit di bandara sebelum sampai ke tempat tujuan (takut tersesat & takut ketinggalan pesawat). Admin bisa kasih saya saran.. pleasee.. :-)

  38. Saya mau tanya tadi saya pesan tiket . Yang jadi masalah nama saya sesuai paspor PITER huruf BESAR semua, sedangkan di tiket nya huruf kecil semua piter.! Yg saya tanyakan bermasalh ga ya nanti di bandara nya??? Mksh

  39. saya mau tanya..
    saya terbang besok senin menggunakan garuda ..
    dari lombok ke jogja.. kan LOMBOK – DENPASAR – JOGJA.. transit denpasar..
    nah nomer penerbangan pesawat saya dari lombok denpasar GA 476, sedangkan dari denpasar ke jogja itu GA 255, nah apakah itu beda pesawat??,, yang nantinya saya menggunakan bagasi.. apakah bagasinya saya ambil didenpasar ???

  40. saya mau tanya..
    saya terbang besok senin menggunakan garuda ..
    dari lombok ke jogja.. kan LOMBOK – DENPASAR – JOGJA.. transit denpasar..
    nah nomer penerbangan pesawat saya dari lombok denpasar GA 476, sedangkan dari denpasar ke jogja itu GA 255, nah apakah itu beda pesawat??,, yang nantinya saya menggunakan bagasi.. apakah bagasinya saya ambil didenpasar ???

    Balas

  41. mbak mau nanya nih, maaf kalau nanya banyak baru pertama soalnya :D
    1. Cara agar tahu terminal berapa itu bagaimana ? Apa ada ditiket ?
    2. Trus waktu scan metal detector, bagaimana dengan laptop, gadget, hp, dll ? dikeluarin apa bisa didalam tas aja ?
    3. Apabila transit di CGK kita perlu bayar2 lagi ? dan kalau ganti pesawat waktu transit kita perlu ambil tas dibagasi dulu ?
    4. Cara ambil tas yg dibagasi waktu sampai ditujuan itu gimana ?

  42. mba, mau nanya nih, klo misalnya mau naik pesawat, tapi cuma bawa tas ransel doank n niatnya nggak ditaroh di bagasi, apa masih dikenakan pajak bagasi? kira2 klo beli tiket air asia, harga bagasinya berapa ya mba?

  43. Mba saya kan pesen tiket online lion tp ada kesalan di mr/mrs nya. Saya udh baca pengalaman orang kalo domestik ajasih katanya nggak apa2 ya, tp gmn ya apa itu aman nanti di bandara? Soalnya saya telfon lion hrs ganti di lion tower di harmoni dan bayar lagi.. Bagaimana ya mbaa? Trims

  44. kak mau tanya
    kan saya dari jambi mau ke semarang dengan bawaan bagasi yg cukup banyak & tentunya suruh dtitipin dibagasi,
    yang mau saya tanyakan kan dari jambi kalau mau ke semarang pasti transit dulu dijakarta saat tiba di jakarta kita nuker tiket transit , nah barang yg saya titipkan dibagasi itu kita ambil saat dijakarta apa gak?? atau kita ambilnya kalau sudah disemarang
    thx

  45. Numpang tanya kak,,,,
    Sy akn melakukan perjlanan dari pekanbaru-jakarta. Kemudian turun di terminal 1b. Kalo keluar untuk ambil bagasi nya di seblah mana ny kak???

  46. Mbak aku mau nanya, kan saya the first time naik pesawat dari mean ke jakarta, nanti kalau check in nya ama ortu bisa gak ya? Habis kan ada orang yang nunggu di jakarta bisa gak y saya suruh orang itu buat check out saya atau bantu saya? Tolong di bales y mbak

  47. Mau nanya dong, apakah bisa kalau mesan tiket pesawat online pakai kartu pelajar? Karena saya sudah umur 17 tapi blm sempat bikin KTP dan harus pergi sendiri ke jakarta. Apakah bisa pakai kartu pelajar? Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s