Cara Membuat Diagram Kartesius dengan SPSS

Diagram Kartesius (Cartesius) dapat digunakan untuk menganalisis kualitas layanan dan manajemen suatu perusahaan. Diagram Kartesius terbagi dalam 4 kuadran. Untuk membuatnya kita dapat menggunakan program SPSS dengan cara atau langkah seperti berikut ini.

1. Buka SPSS

2. Masuk ke jendela SPSS. apabila telah memiliki data (contoh kali ini adalah data berupa harapan dan realita layanan perusahaan) dalam excel maka dapat langsung memindahkannya ke SPSS dengan cara klik “File” lalu pilih “Open” dan pilih “Data”. akan muncul kotak dialog yang menampilkan folder-folder pada komputer. Pilih data yang akan dianalisis lalu “Ok”. Atau bisa dengan menulis langsung di SPSS seperti berikut ini

3. Kemudian pilih “Graphs” lalu pilih “Legacy Dialogs” pilih “Scatter/Dot..”

4. Muncul tampilan berikut: Lalu pilih “Simple Scatter” -> “Define”

5. Muncul kotak dialog berikut: dimana Harapan sebagai Y_Axis dan Realita sebagai X_Axis lalu klik “Ok”

6. Muncullah grafik berikut:

7. Gambar di atas belum selesai, lalu klik dua kali pada output gambar, sehingga muncul “Chart Editor” seperti gambar di samping ini

8. Klik “option” pilih “X Axis Reference Line”

9. Muncul kotak dialog “Properties”, Untuk membuat garis tengah (rataan) sumbu X maka: klik “Reference Line” pilih Set to: Mean lalu klik “Apply”

10. Untuk membuat garis tengah (rataan) sumbu Y maka: klik “option” pilih “Y Axis Reference Line”. Kemudian klik “Reference Line” pilih Set to: Mean lalu klik “Apply”

11. Proses belum berhenti, sekarang tahap finishing yaitu dengan memberikan setiap titik label sehingga memudahkan ketika menganalisis. Pilih “Data Label Mode” dengan gambar kotak seperti gambar target tembakan di pojok kiri. Lalu klik-kan ke titik-titik koordinat. Sehingga terbentuklah gambar seperti ini.

VIOLA!!!!!!!!!!! —- Selamat Mencoba :D   http://zefatsani.wordpress.com

About these ads

26 thoughts on “Cara Membuat Diagram Kartesius dengan SPSS

    • Ketika klik kanan untuk ‘show data labels’ akan muncul kotak menu baru. Pada menu ‘data value labels’ kita dapat mengganti tampilan yang mau dimunculkan pada diagram kartesius dengan men-set/change pilihan-pilihan yang tersedia pada menu display – not displayed.

      • Mohon maaf sebelumnya.
        Saya mohon bantuannya utk dijelaskan lagi bagaimana langkah2 yang mas Pedri jelaskan utk dapat men-set diagram kartesius agar dpt dicopy ke word. ‘Show data labels’ yang dimaksud berada dimana ya mas?
        Terimakasih

  1. kakaknya aku mau nnya cara mindahin diagram kartesius nya ke word bagaimana?? mohon bantuannya terimaksih banyak arrigatoogozaimasu :)

  2. Kalo mau copy diagram kartesiusnya ke word, tutup dulu menu chart editor. Copy diagram kartesius yang ada di menu output :)

    Oya sekaligus mau tanya nih ke yang empunya blog, atau ekspertis diagram kartesius lain.. misal ada indikator/data yang berada pada garis rata-rata, contoh: indikator/data berada pada garis rata-rata antara kuadran 1 dan 2, bagaimana cara menginterpretasinya ? Terus, yang lebih ekstrim lagi.. bagaimana seandainya indikator/data berada pada titik tengah (irisan antara garis nilai rata-rata harapan dan kenyataan) ?
    mohon pencerahannya ^_

    • ekstrim ya kasusnya,, pertanyaan 1: (contohnya berupa tingkat kepuasan) karena di antara kuadran I dan II berarti data tersebut penting/sangat penting dan tingkat kepuasannya berada di ambang rata-rata kepuasan. untuk tau seberapa puas dan seberapa penting, harus dibuatkan intervalnya., secara visual karena data (aspek layanan) hanya mampu memenuhi tingkat kepuasan rata-rata, maka data ini perlu ditingkatkan pelayanannya shingga kedepannya data tsb dapat bergeser ke kanan melampaui tingkat kepuasan rataannya,

      pertanyaan 2: artinya realisasi dari data tersebut sama dengan harapan, kalau saya menilai data (aspek layanan) yg berada pada posisi ini cukup untuk dipertahankan karena tingkat kepentingannya sama dengan tingkat kepuasannya.

      • Interpretasi yg menarik Bu, terutama di bagian yg.. “maka data ini perlu ditingkatkan pelayanannya shingga kedepannya data tsb dapat bergeser ke kanan melampaui tingkat kepuasan rataannya”. Trma ksh bnyak. Saya brniat ingin membuat layanan riset kepuasan pelanggan, mhn bmbingannya :)

  3. Menyempurnakan pertanyaan saya sebelumnya. Saya biasanya menginterpretasi indikator-indikator yang ada pada diagram kartesius berdasarkan kuadran (dimulai dari kuadran 1, 2, dst.). Untuk contoh yang saya figurasikan sebelumnya, masuk ke kuadran mana saja ya?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s