Cara Pesan Tiket Pesawat Online

ini adalah langkah-langkah memesan tiket pesawat secara online, sehingga gak perlu lagi berhubungan dengan agen. yuk mari di lihat…

1. masuk ke website resmi maskapai penerbangan, dalam post ini aku pakai contoh Lion Air

www2.lionair.co.id

alamat website: www2.lionair.co.id

2. pilih bahasa, kemudian muncul kotak dialog berikut

Untuk Pilihan Pulang-Pergi

untuk pilihan satu kali jalan

kamu bisa pilih sesuai dengan kebutuhan, apakah akan pulang-pergi dengan maskapai yg sama atau hanya butuh penerbangan satu kali jalan saja. kemudian pilih fixed. selanjutnya pilih depart yg berarti lokasi keberangkatan (e.g. Jakarta) dan return yg berarti lokasi tujuan (e.g. Medan). Bila memesankan tiket untuk lebih dari 1 orang maka klik kotak dewasa, anak-anak (bila ada), dan bayi (bila ada). Kemudian klik “CARI”

3. Akan muncul jadwal penerbangan, beserta harganya seperti tampilan berikut ini

pilih penerbangan sesuai dengan harga, jadwal, dan kelas penerbangan yg diinginkan

Nanti akan ada pertanyaan untuk membeli asuransi atau tidak, kamu bisa pilih jawaban “Ya”

Klik “OK”

lalu masukkan kode CAPTCHA, dan klik “Lanjutkan”

4. Langkah selanjutnya adalah mengisi biodata pada kolom berikut:

5. Setelah semua data terisi (khususnya yg bertanda * harus diisi), lalu pilih media pembayaran (e.g. melalui ATM), dan klik persetujuan pelanggan (dua-duanya diklik ya), selanjutnya klik “Lanjutkan” dan muncul konfirmasi seperti berikut:

Setelah tahap ini selesai, kamu bisa print lembar ini kemudian bayar via ATM yg disebutkan tersebut.

Cara membayar via ATM: masukkan kartu debit kamu ke ATM (kartu dan ATM nya harus dari bank yg sama), pilih menu pembayaran => tiket => Lion Air =>nanti akan diminta untuk masukkan Kode Pembayaran ATM (bisa dilihat pada lembar konfirmasi di atas), dan akan langsung muncul nama kamu, kode pesanan, dan jumlah yg harus kamu bayarkan, lalu kamu pilih “OK” dan transaksi selesai.

NOTE: pembayaran ini berbatas waktu jadi perhatikan lembar konfirmasi pada bagian Rincian Pemesanan => Silakan Bayar Sebelum … artinya kamu harus membayar sebelum jam tersebut. jika lewat maka pesanan kamu akan dibatalkan secara otomatis, dan kamu gak bisa pesan lagi saat itu dengan nama yg sama. setelah membayar kamu akan mendapatkan struk dan otomatis akan menerima e-ticket, dan polis asuransi (bila membayar asuransi) ke alamat email yg kamu masukkan dalam biodata di website Lion Air tadi. Struk harus disimpan dg baik utk antisipasi bila petugas meminta bukti struk tersebut, dan print juga e-ticket yg dlm bentuk PDF tersebut.

struk pembayaran tiket

Gimana? gak ribet kan? jika pesan melalui agen kita gak perlu masukin data, dan gak perlu pergi ke ATM. mungkin juga harga tiket bisa berbeda antara online dengan menggunakan jasa agen. Silahkan pilih senyamannya kamu aja ya… =D

Lihat juga Panduan Naik Pesawat Terbang

18 thoughts on “Cara Pesan Tiket Pesawat Online

  1. Mau tanya nih mbak…untuk asuransi harganya berapa dan wajib dibayar apa engga? Kalo dibayar atau engga dibayar untung dan ruginya apa mbak…? Makasih sebelumnya…

    • gak wajib bayar asuransi,
      1. Gak beli asuransi:
      + lebih hemat
      – jika terjadi insiden (moga aja gak ya) gak bisa klaim apapun alias kerugian ditanggung sendiri

      2. Beli asuransi:
      – mengeluarkan uang lebih ‘sedikit’
      + jika terjaddi insiden (moga gak ya) seperti kecelakaan, luka, meninggal, evakuasi, keterlambatan penerbangan (min 5 jam), kehilangan bagasi/dokumen perjalanan, pembatalan/pengurangan perjalanan, bantuan darurat, terkena tindak kejahatan semuanya dapat diklaim.

  2. mAAF SAYA MAU TANYA,,,KEMARIN KAN SAYA BELI TIKET ONLINE,,SAMA KAYAK LANGKAH2 DI ATAS,,KEBETULAN LION AIR JUGA,,NAH YANG DIKIRIM KE EMAIL SAYA HANYA SERTIFIKAT ASURANSINYA SAJA,,,TIKETNYA KOK GA ADA??? DI MANA SAYA BISA DAPAT TIKETNYA?? ITU YANG BUAT SAYA BINGUNG,,KOK SAYA NGAAK DAPET E TIKETNYA YA???

  3. Saya barusa memesan tiket lion air online seperti langkah di atas, memang br pertama ini pesan lion air (biasanya maskapai lain), sampai sekarang masih belum mendapat email e-ticket nya. Biasanya di maskapai lain, sesaat setelah konfirmasi pembayaran maka tiket langsung di kirim ke email. Gimana ini?

  4. Saya kurang faham tentang email…misalkan saya byar tiketnya seperta cara diatas,trus ada bukti pembayaran via bank…yg sya tanyakan apakah bukti pembayaran via bank trsebut bs buat cek in di bandara tnpa adanya print tiket???terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s