Kedutan itu datang


Usia kandunganku sudah masuk 4 bulan,, diusia inilah janin telah ditiupkan ruhnya,,, masyaAllah…. segumpal daging dan darah berkembang setiap harinya dalam rahimku… tak terkata rasa syukur dan bahagia, serasa Allah hadirkan teman kecil untukku yg selalu ada menemaniku setiap detik sepanjang hari.

Terakhir Chek up ke dokter saat usia kandungan 14 minggu.. hasil usg menunjukkan debay sehat, terlihat bentuk tubuhnya mulai dari kepala, tangan, jari, kaki, jantung yg terlihat berdebar-debar seperti jantungku yg berdebar memandanginya dalam layar komputer…. Ya Allah, Engkau Maha Kuasa, Maha Sempurna, Maha Penyayang,,, hamba memohon kesempurnaan fisik, kesempurnaan perkembangan motoriknya kelak, kesempurnaan syaraf dan mental yg sehat, serta kesehatan raga dan psikis anakku,,, jadikanlah ia anak yg sholeh/ah, berbakti pd orgtua, peduli sesama… jdkanlah ia penyejuk hati kami orangtuanya,,, semoga debay berkembang sempurna dan lahir ke dunia dg sehat dan srlamat, aamiin…

Kini di usia 17 minggu sudah terasa gerakan2 halus dan kedutan diperut… aku tau itu dedek yg bergerak… kedutan itu masih sangat halus, namun 2 hari terakhir kedutan itu mulai terasa lebih sering…. amazing… terbayang-bayang bentuknya,,, membayangkan apa yg ia lakukan,,, menendangkah ata sedang selonjoran seperti saat di USG,,, yg seakan ingin menunjukkan diri ke bunda dan ayahnya ;))

Dedeeekkk bunda sayang dedek,,,, :))

kejutan dari sahabat sejati


Lupaaa banget tepatnya kapan kejutan itu hadir…

Seperti malam-malam sebelumnya, aku menunggu hubby pulang kerja. Tapi Malam itu hubby pulang telat. Sudah pukul 8 malam lebih. Ku telpon gak diangkat, ku sms jg gak dibales… khawatir banget padahal hubby sms beri tau klo dia lg otw selepas maghrib.

Nonton tv gak tenang banget.. berharap aa gak knp2. Coz hubby pernah kecelakaan kecil yg mbuatnya luka2 di kaki.

Hingga tertidur, dan jam sudah mnunjukkan pukul stenfah 10 malam.makin was2,,, hiks… tapi tiba2 terdengar suara mesin motor yg sangat tdk asing,,, alhamdulillah aa pulang,,,, senangnya… yah begitulsh perasaan seorang isteri yg setia setiap hari menunggu suami yg teramat ia cintai pulang bekerja.

Sempat ada rasa kesal krn mbuat khawatir, namun ketika melihat wajahnya, tatapannya, rasa kesal itu berubah seketika,, hubby aku peluk dan ku cium tangannya…

Aku tau hubby takkan pernah makan malam di luar. Akusiapkan makan malam, aku pun menemaninya dan turut makan ;)) setelah makan hubby bilang “aa punya sesuatu buat ad”

Diambilnya Kantung belanja dari Dalam tasnya.. kantung belanja itu tertulis *samsung*. Aku tau samsjng, tp blum busa menebak apa isinta krn aku pikir mungkin kotaknya sj samsung isinta mungkin makanan coz hubby sering bawain makanan buat ku.

Perlahan ia buka dengan senyum mengembang diwajahnya,,, diperlihatkannyalah kotak gadget samsung. Yah aku hanya tersipu. Rupanta aa telat pulang karena membelikan hadiah itu.. rasanya luar biasa bukan karena Hadiahnya adalah tablet, tapi perasaan kasih dan sayang hubby yg luar biasa padaku yg mbuatku terenyuh…. haru…

Seminggu belakangan ini! Setiap hari aa selalu membaca tabloid pulsa. Aku tau hubby sudah lama ingin punya hp baru dg spesifikasi terbaru. Tapi malam itu aku sangat terkejut karna hubby justru menghadiahkan samsung galaxy tab3 untukku. Dan menunda punya hp baru. Saat aku tanta mengapa aa belikan ad tablet?

Hubby “ni memang buat ad, biar ad dirumah bisa ngenet dan dapat informasi dg lebih leluasa”

Gak tau harus gimana.. aa selalu memberikan hadiah2 dihari yg tak terduga dan tanpa menunggu hari khusus. Itulah style hubby yg tak pernah menunda memberikan hadiah. Bagiku itu justru menunjukkan ketulusan hatinya,, tak pernah menunda untuk menunjukkan rasa sayang dan perhatiannya… ya Rabb terimakasih Engkau jadikan ia suamiku, sahabat sejatiku… jagalah ikatan cinta kasih diantara kami hingga maut menjemput dan persatukan kami dalam Jannah Mu kelak… aamiin….

Suamiku, sahabatku terimakasih… ad love aa so much :-*

Tortilla dan Kebab


aku suka banget dengan kebab. kebetulan saat aku masih ngekos, ada penjual kebab yang jaraknya gak sampai 100 meter dari kosan. hemm…. dan hamil ini kembali pengeeennn banget makan kebab cuma sayangnya jarak rumah jauh dari penjual kebab. hubby sempet bela-belain mampir ke ciputat sepulang kantor buat beli kebab. dan emang enaakkk, aku habis 2 buah hehehe… celakanya, keinginan makan kebab tuh terus-terusan. alhasil aku berpikir keras, dari pada beli terus2an mending coba buat ajah ya,,, percobaan pertama buat tortilla gagal, yang kedua suksess,,,, dan daging kebabnya nyummy… sekali buat hubby langsung suka. tapi sorry nih guys, potonya jelek coz udah malem jam 8-an beres masaknya. dan udah lapeerr banget jadi langsung abis deh^^ aku habis 2, hubby 3 kebab… weleh weleh…

kebabnew1

masih terlihat irisan bawang bombay nya tuh…, daging kebab ini susah payah ngumpetinnya coz sama hubby dicemilin mulu…

namun setelah jadi, baru ‘ngeh’ kalo warna dagingnya gak semerah daging kebab yang dijual dipinggir jalan. begitu juga dengan tortilla yang warnanya kekuningan bukan putih. tapi namanya bikin sendiri jadi bisa dipastikan semua bahan yang dipakai aman. sedangkan yang dijual2 itu pasti menggunakan pewarna. meski pewarna makanan tapi belum tentu digunakan dengan dosis yang sesuai, makanya daging kebabnya bisa semerah itu. ini dia guys resepnya… siapa aja bisa buat kok… ayo manjakan keluarga dan perut sendiri hihihihiii 😀

kebabnew2

Bahan Tortilla:

250 gr tepung terigu berprotein sedang

100 ml susu cair panas (harus panas yah, tujuannya agar adonan menjadi matang)

½ sdt garam

½ sdt gula (jika menggunakan susu manis, penggunaan gula bisa dihilangkan)

3 sdm extra virgin olive oil / minyak goreng

 

Bahan Daging Kebab:

250 gr daging giling khas dalam

tepung terigu

tepung maizena

tepung tapioka

1 buah bawang Bombay iris

5 siung bawang putih

5 siung bawang merah

1 sdm ketumbar kasar / halus

2 cm lengkuas

½ sdm merica

1 sdt garam

¼ gula merah

½ sdt posmik (bila ada, gunanya mengembalikan tekstur daging)

3 tetes pewarna merah makanan

Pelengkap isian:

lettuce/selada/sawi putih

keju, saus sambal, saus tomat, irisan bawang Bombay, daun peterseli/seledri, dan mentimun

 kebabnew3

Cara membuat Tortilla (kulit kebab):

  1. masukkan tepung ke dalam mangkuk atau mixer, masukkan garam, gula, dan minyak, aduk sebentar.
  2. masukkan susu cair panas sedikit demi sedikit sembari di uleni hingga kalis (jangan menuang susu sekaligus agar adonan tidak encer, dikira-kira saja yah). tutup adonan dan diamkan 15 menit.
  3. ambil 50 gr adonan lalu giling membentuk bulatan tipis. lakukan hingga adonan habis (baiknya adonan yang sudah digiling ditaruh dalam wadah tertutup agar tidak mengeras).
  4. panaskan pan datar, dan panggang tortilla dengan cara dibolak balik hingga ada bulatan kecil berwarna coklat (jangan sampai mengeras ya).
  5. simpan tortilla dalam wadah yang tertutup rapat.

 

Cara membuat Daging Kebab:

  1. masukkan daging giling, garam, ketumbar, merica, lengkuas, bawang merah dan bawang putih pada mesin penggiling daging / mixer. giling hingga semua bumbu hancur dan menyatu dengan daging.
  2. masukkan bawang Bombay, gula merah, posmik dan beri 3 tetes pewarna makanan. giling kembali.
  3. masukkan tepung maizena, tepung tapioka, dan tepung terigu. giling kembali hingga tercampur rata.
  4. (karena aku gak punya alat pemanggang kebab, aku pakai pan datar). bagi daging menjadi beberapa bagian lalu pipihkan hingga tipis.
  5. panaskan pan datar, olesi dengan minyak dan panggang daging hingga matang. angkat sisihkan.

 kebabnew4

Cara membuat Kebab:

  1. iris bulat tipis 1 buah mentimun.
  2. siapkan lembaran-lembaran selada/lettuce. atau irisan sawi putih.
  3. ambil 1 lembar tortilla. susun isian secara vertical dan sesuai selera: taruh lembaran selada dan susun mentimun. susun potongan-potongan daging kebab. beri irisan bawang Bombay dan parutan keju. lumuri dengan mayonnaise, saus sambal dan saus tomat.
  4. panaskan pan dan margarin. panaskan kebab. angkat dan sajikan.

Sapi Lada Hitam


sapi lada hitam

Sapi lada hitam ini aku buat berdasarkan request hubby yg pengen banget makan sapi lada hitam. biasanya sih kita beli di resto, tapi sekarang aku mau coba buat sendiri, toh persediaan daging masih banyak. bahan-bahannya juga gampang banget didapat dan udah ada semua di dapur. waktu makan, hubby makan lahap banget, sampe2 potongan daging terakhir jadi rebutan ^^. selesai makan hubby tiba2 ke dapur, aku pikir ngapain. rupanya nyuci piring. padahal hubby pulang malam dan pasti capek ;’( tapi sempet2nya hubby nyuci piring plus ngerendem cucian baju. ternyata sapi lada hitam ku menggerakkannya,,, hehehe… love u aa.. ^^

lhooo… kenapa jadi curhat gini. yuks mari intip resepnya yah….

Bahan:

daging sapi, iris tipis-tipis

1 buah timun, belah menjadi 4 bagian. buang bijinya dan potong kotak

2 buah baby corn, iris serong tipis

1 buah brokoli, potong-potong dan rendam dengan air garam agar ulat-ulatnya keluar

2 buah cabai merah besar, buang bijinya dan potong kotak

1 buah bawang Bombay ukuran sedang, potong kotak menjadi 8 bagian

2 buah bawang putih, iris tapi jangan terlalu tipis agar tidak cepat gosong

3 cm jahe, iris memanjang

1 sdm saus tiram

2 sdm kecap manis

1 sdt kecap asin

1 sdm saus tomat

½ – 1 sdm lada hitam

200 ml air matang

1 sdm larutan maizena

minyak goreng

 

Cara membuat:

  1. lumuri irisan daging dengan tepung kanji (tujuannya agar daging menjadi empuk setelah digoreng).
  2. panaskan pan, tuang minyak goreng secukupnya. masukkan daging. goreng hingga setengah matang. angkat dan tiriskan.
  3. panaskan pan dan tuang 3 sdm minyak goreng. tumis bawang Bombay hingga agak layu, masukkan jahe dan baby corn, goreng sebentar. masukkan cabe merah dan bawang putih, tumis hingga bawang putih kekuningan. masukkan daging, tuang saus tiram, kecap asin, saus tomat, dan kecap manis. taburi lada hitam. tumis sebentar hingga saus menyatu.
  4. masukkan air lalu brokoli. aduk-aduk hingga daging matang dan kuah menyusut (bila kuahnya tinggal sedikit bisa ditambahkan sedikit air lagi sesuai selera). masukkan timun. bila kuah belum kental, tuang larutan maizena.

angkat dan sajikan segera.

Nasi Goreng Kuning Suka-Suka


nasi goreng kuning suka-suka

Kenapa namanya suka-suka? itu karena masaknya suka-suka gue… hehe… kepengeeen banget makan nasgor, pas liat kulkas, telornya abis. so, buat kreasi sendiri aja kebetulan masih ada sosis sapi. rasanya maknyus, pedes seger.

Bahan:

1 piring nasi

1 buah sosis sapi iris bulat

1 ½ cm kunyit, geprek

2 siung bawang merah, iris tipis

1 siung bawang putih, iris tipis

1 buah cabai merah, buang bijinya dan potong kotak

1 buah cabai rawit hijau, iris serong

5 cm daun bawang (ambil yang warna hijaunya saja), iris serong

merica, garam, gula, sesuai selera

2 sdm extra virgin olive oil

 

Cara membuat:

  1. panaskan pan beri minyak. tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum. masukkan kunyit, cabai merah, cabai rawit, dan sosis, tumis sebentar.
  2. masukkan garam, merica, dan gulan. aduk. masukkan nasi goreng hingga tercampur rata (jangan lupa dicicipi yah). masukkan daun bawang. angkat dan sajikan dengan irisan mentimun.

Milkshake Mango Special


milkshake mango special

Kayaknya minuman yang satu ini udah gak asing lagi yah bagi kalian… Rasanya segerrr banget. biasanya sih kita minum ini di café atau restoran-restoran gitu. nah kali ini aku mau coba buat sendiri, mencoba jadi bartender hahaha…. Milkshake ini gak pake blender-blenderan, dijamin gampang banget tinggal shake, shake, and shake sambil dengerin musik kotak yang ngerock… wkwkkwkkk….

Bahan:

Botol bertutup

Jus mangga

Susu

Es batu

Air soda

Es krim

Wafer coklat

 

Cara membuat:

  1. Siapkan wadah/tempat minum yang ada tutupnya seperti tupperware. Tuang jus manga, air soda, susu, dan es batu sesuai selera (aku sih kira-kira aja jadi gak ada takarannya).
  2. Kocok-kocok (shake) minuman dengan tangan hingga tercampur rata dan berbusa.

Tuang milkshake mango ke dalam gelas, beri topping es krim dan wafer coklat.

Lyonnaise Potatoes


lynnoise potatoes

Salah satu makanan favoritku adalah kentang goreng. Gak akan bosen-bosen makan kentang goreng, namun pengen juga makan kentang goreng yang gak itu-itu aja. Biasanya sih aku cuma iris-iris kentang membentuk stik lalu digoreng dan dimakan dengan saos sambal. Nah sekarang aku nyoba bikin Lyonnaise Potatoes. Masih digoreng, namun dengan cara yang berbeda… rasanya… hemm nyummy 😀

Bahan:

4 buah kentang, iris bulat tipis sekitar ½ cm (boleh tanpa dikupas)

¼ bawang Bombay, iris tipis

2 siung bawang putih, cincang

1 tangkai peterseli, cincang kasar

1 sdt merica bubuk

garam secukupnya

minyak goreng dan mentega

 

Cara membuat:

  1. Panaskan minyak di atas pan, goreng kentang hingga kuning kecoklatan tetapi tidak kering. Angkat dan tiriskan.
  2. Lelehkan 2 sdm mentega di atas pan, tumis bawang bombai hingga agak layu, masukkan bawang putih hingga harum. Masukkan kentang, aduk rata.
  3. Tambahkan merica dan garam, aduk rata.
  4. Taburi dengan peterseli, aduk sebentar saja, lalu angkat dan sajikan selagi hangat.

Kroket Kentang Keju


kroket kentang keju 1

Lagi lagi kentang,,, ya iyalah, I love potatoes very much kawan-kawan… ini aku bagiin resep kroket kentang keju yang aku modif sedikit. rasanya? gak akan berenti makan sampe kroket terakhir lhooo…. 😀

Bahan:

1 buah kentang besar, rebus dan haluskan (dari 1 bh kentang besar bisa menghasilkan 6 – 7 kroket)

1 buah sosis sapi, potong kotak kecil-kecil

3 sdm susu cair

3 sdm tepung terigu

2 sdm tepung bumbu renyah

¼ sdt garam

¼ sdt merica

½ sdt bubuk kaldu sapi

1 batang peterseli/seledri ambil daunnya, iris tipis

keju mozzarella, potong kotak sesuaikan dengan bentuk kroket

mayonnaise, saus sambal, dan saus tomat

minyak goreng

kroket kentang keju 2

Cara membuat:

  1. Campurkan kentang halus dengan tepung terigu, susu, garam, merica, dan bubuk kaldu sapi. Aduk hingga rata.
  2. Tambahkan seledri dan sosis sapi. Aduk rata.
  3. Ambil 1 sdm adonan, bentuk lonjong, isi dengan potongan keju, bentuk lonjong kembali dan pastikan tidak ada bagian keju yang keluar adonan. Ulangi hingga adonan habis.
  4. Baluri kroket dengan tepung bumbu renyah.
  5. Panaskan pan dengan minyak cukup banyak, goreng kroket hingga kecoklatan dan matang.
  6. Angkat dan sajikan selagi hangat dengan mayonnaise dan saus.

Kentang Keju Panggang


kentang panggang keju

Ini dia jenis cemilan nyummy hasil kreasi aku sendiri. berhubung stok kentang dan keju masih banyak, akhirnya coba-coba buat kentang keju deh… Tampilannya menggiurkan kan? hehehe… rasanya juga enak banget. Karena gak punya oven, so kentangnya dipanggang di atas pan datar deh…

Bahan:

2 buah kentang berukuran besar, cuci bersih tanpa dikupas, lalu iris bulat setebal 1½ cm, rendam dengan air garam selama 10 menit.

Parutan keju Mozarella, atau Kraaft quick melt, bila tidak ada bisa menggunakan Cheddar

1 batang peterseli, ambil daunnya saja, lalu iris tipis

garam, dan merica secukupnya

3 sdm extra virgin olive oil

 

Cara membuat:

  1. Membuat mangkuk kentang: rebus bulatan kentang hingga agak empuk, jangan terlalu matang/empuk agar tidak retak saat dikeruk. keruk bagian tengah irisan kentang, tapi jangan sampai bolong seperti donat ya, alias masih memiliki alas. Pisahkan antara mangkuk kentang dengan isinya.
  2. Haluskan sisa kentang dari hasil kerukan kentang. Kemudian beri sedikit garam, dan merica.
  3. Isian mangkuk kentang: taburi keju parut sebagai lapisan pertama, lalu isi dengan kentang tumbuk, kemudian lapisi kembali dengan keju parut.
  4. Panaskan pan datar dengan extra virgin olive oil dengan api kecil.
  5. Susun kentang keju di atas pan dan ditutup. Panggang selama 10 menit.
  6. Setelah matang, taburi peterseli. Sajikan selagi hangat dengan saos sambal dan saos tomat.

Bening Bayam Sereh


bening bayam sereh

Ini dia sayuran seger legendaris, kenapa? karena dari umurku ‘pitik’ udah di kasih makan ini sama ibu. sampai sekarang pun masih suka, dan kalau pulang ke rumah ortu, giliran aku deh yang masakin sayur bening bayam buat abang, adik bungsuku.

Bahan:

2 ikat bayam

½ buah tomat merah besar

1 buah jagung, potong menjadi 5 bagian

1 buah cabai merah, potong menjadi 3 bagian

3 siung bawang merah, iris tipis

2 siung bawang putih, iris tipis

1 batang sereh ukuran sedang, ambil putihnya lalu geprek atau belah 3 bagian

700 ml air matang

garam, gula sesuai selera

 

Cara membuat:

siangi bayam dan cuci bersih. didihkan air, masukkan bawang merah, bawang putih, sereh, cabai merah, biarkan mendidih, lalu masukkan garam dan gula (cicipi hingga kuah terasa pas dengan selera). masukkan jagung dan biarkan mendidih kembali. masukkan bayam dan tomat. masak hingga bayam layu (tapi jangan terlalu lama agar bayam tidak terlalu benyek). angkat dan sajikan hangat^^