Beef Steak with Brown Sauce and Lyonnaise Potatoes

Image

 

Awalnya sih bukan mau buat steak, cuma berhubung tujuan awal membeli daging khas dalamnya gak kesampaian gara-gara aku gagal buat kulit kebab so dagingnya juga gak jadi dibuat kebab. Karena cukup banyak juga, dan masih dalam ukuran tidak terlalu kecil, diputuskanlah membuat steak. Ini buatan steak pertama ku lho… Meski termasuk uji coba, dan berbekal resep-resep steak yang udah aku kumpulin sejak lama, hasilnya enak kok sampai-sampai hubby gak berenti-berenti bilang “makasiiih yah” plus cipika cipiki… Yaelahhh wkwkwkk…

Bahan:

2 potong daging khas dalam (seperti tenderloin, sirloin, dll)

½ bawang bombai, iris bulat tipis

2 siung bawang putih, cincang halus

1 batang seledri, ambil batangnya saja lalu potong memanjang

3 sdm susu cair (karena gak ada cream hehe..)

Coke/soda (aku pakai sprite)

250 ml air kaldu sapi (aku pakai royco, caranya tuang royco sedikit saja pada air dan aduk-aduk. jangan terlalu banyak memberikan royco agar tidak terlalu asin).

bubuk bawang putih dan lada hitam

2 sdm tepung maizena cair

extra virgin olive oil dan mentega

 

Cara membuat steak:

  1. daging di pukul-pukul, lumuri kedua sisi daging dengan sedikit garam, lada hitam, dan bubuk bawang putih.
  2. taruh daging dalam wadah, rendam dengan air soda/coke hingga ½ tinggi daging. tutup rapat wadah dan simpan di dalam kulkas semalaman (-+ 12 jam).
  3. siapkan pan yang telah diolesi extra virgin olive oil, panaskan pan.
  4. panggang daging selama 5 menit untuk tiap sisinya (tidak di bolak-balik) dengan tingkat kematangan well done (tergantung juga pada ketebalan daging). minyak bekas memanggang jangan dibuang karena akan dipakai kembali untuk membuat saus.
  5. Angkat, dan tiriskan.

 

Cara membuat brown sauce:

  1. panaskan pan (pakai lg pan dan minyak bekas memanggang steak) dan tambahkan mentega. tumis bawang Bombay hingga agak layu, masukkan bawang putih dan batang peterseli, tumis hingga harum.
  2. Masukkan kaldu sapi, tunggu hingga mendidih. tambahkan lada hitam secukupnya, dan susu cair. cicipi apakah saus sudah pas atau belum.
  3. Setelah mendidih dan rasanya enak, matikan api. saring.
  4. panaskan kembali saus yang sudah disaring, dan beri maizena cair sembari diaduk.
  5. tuang saus di atas beef steak, sajikan hangat bersama lyonnaise potatoes, dan saos sambal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s