Pengalaman Tes CPNS KEMENKEU

TIPS TES CPNS kementerian keuangan

Soal tes CPNS Kemenkeu apa aja?

Baca dulu blog ini ya,, yup kali ini mau share pengalaman ikut tes cpns 2013, dan alhamdulillah diterima di kementerian keuangan.

kayaknya lebih tepat ditulis tips daripada cerita ini mah hahaha… silahkan disimak bagi yang memerlukan😀

CPNS, satu kata ini pasti menjadi ‘momok’ bagi sebagian pencari kerja di negeri ini… ratusan ribu pemuda-pemudi, bapak2-ibu2.. berjuang berlomba-lomba ‘ngebet’ pengen jadi abdi negara… motif nya tentu beragam, mulai dari iseng, penasaran, hingga tulus mengabdi (jarang nih agaknya).

kalau yg ngikutin blog ini, pasti dah tau ya aku adalah pemain lama dalam tes per-CPNS-an ini hahaha… sejak tahun 2011 ngikut tes hingga 2013.. bersyukur th 2013 sistem yg dipakai CAT jadi bisa ngikut di lebih 1 kementerian. selain kemenkeu, ikut juga di kemenko (hingga tahap akhir), pemprov DKI (hingga tahap akhir), dan BPKP (hanya ikut TKD-udah males tes2). mau cerita kemenkeu, yg lainnya nyusul sajalah..

banyak yg main2 dg tes ini dan lolos, tapi,, lebih banyak lagi yg main2 dan gak lolos,, so berusahalah semampunya, ingatlah usaha itu berbanding lurus dg hasilnya bila Allah menghendaki.

berikut kutipan dari web rekrutmen pegawai kemenkeu,,,

“Setiap Peserta yang mengikuti rekrutmen di Kementerian Keuangan, akan melalui tahapan/seleksi yang terdiri dari:

1. Seleksi Administrasi;
2. Tes Kompetensi Dasar;
3. Psikotes;
4. Tes Kesehatan dan Kebugaran;
5. Wawancara yang diperuntukkan bagi peserta dengan tingkat pendidikan sarjana; serta
6. Pemberkasan.

Jangan pernah ragu bergabung bersama Kementerian Keuangan.”

So, Langsung intinya aja ya😀

1. Seleksi Administrasi
kalau ini sih sudah ada persyaratan2 yg harus dipenuhi, seperti usia, IPK, dll. jadi yg tidak memenuhi kualifikasi ya pasti tidak lolos.
siapkan pilihan untuk memilih direktorat mana yang akan menjadi tempat mu bekerja, awas jgn sampai salah pilih karena tidak mencari tau informasi tiap2 direktorat… silahkan buka kemenkeu untuk mengetahui tugas dan bidang kerja tiap2 direktorat, dan pilihan atau direktorat untuk sekedar ‘tahu’ resiko dan keuntungan bila bekerja di direktorat pilihan.

TIPS:

  • Persiapkan berkas persyaratan lamaran yg diperlukan (biasanya online);
  • CARI TAHU direktorat yg dituju (seingetku diminta utk mengurutkan 3 pilihan direktorat), dan perhitungkan peluang jurusan, semakin sedikit formasi-‘kemungkinan’ semakin tinggi persaingannya;

2. tes TKD dengan CAT

TIPS:
a. belajarlah semampunya/sesempetnya ttg sejarah SMP/SMA, ada soal ttg kerajaan, prasasti, rumusan pancasila, piagam jakarta, dll (lupa)
b. hapalkan rumus Luas dan Volume untuk bangun ruang dan bangun datar
c. hapalkan klo bisa ngelotok UUD 1945 (pembukaan, Bab, Pasal, Ayat, dan aturan tambahan serta aturan peralihan), dijamin keluar blas pasal-pasal tsb. kadang ditanya gak cuma pasal/bab berapa,, tapi lebih kpd kontennya, akan lebih mudah menjawab kalau setidaknya pernah membaca pasal-perpasal dan ayat-ayat dari UUD 1945
d. berlatihlah dengan soal-soal TKD tahun-tahun lalu, akan membuat diri lebih ‘siap’ karena sudah mengetahui tipe-tipe soalnya, syukur-syukur ada yang sama persis, tapi jangan terlalu berharap ya😛
e. untuk karakteristik pribadi (TKP) harus dibaca dan diisi semua, kalau perlu dahulukan utk dikerjakan karena TKP menyumbang nilai terbesar dan soalnya gampang.
f. seluruh soal harus terisi, klo sama sekali gak tau langsung tembak aja, coz gak ada pengurangan nilai🙂
g. gak gaptek komputer, hehe… moso jaman secanggih sekarang gak bisa gunain komputer,, klo belum bisa belajar dulu gih🙂

2. Psikotes
sebelum ke tips, bersyukurlah karena sudah lolos dari tahap seleksi TKD. psikotes ini sepertinya sama saja dg psikotes di perusahaan dan instansi lainnya.

TIPS:
a. cobalah untuk berlatih menggambar orang, pohon, wartegg test, dan juga tes koran (Pauli Test). Saat tes berlangsung, banyak peserta yg menambah kertas Pauli Test hua…huaa…. dalam pikiran “gila mereka cepet bgt” tapi nyatanya cukup 1 lembar bolak balik mengerjakan bisa lolos juga🙂 alhamdulillah..;

b. cobalah untuk mengenal diri sendiri, karena akan ada pertanyaan seputar diri pribadi seperti kelebihan dan kekurangan, impian, kegagalan dan kesuksesan terbesar saat bekerja (bagi yg sudah bekerja) atau kegagalan/kesuksesan dalam berorganisasi (bagi freshgraduate), alasan masuk kemenkeu, dll;

c. soal-soal psikotes sebenarnya mudah, hanya perlu memperhatikan instruksi (jangan sampai salah lho-kayak aku hehe), dan harus cepat karena waktu pengerjaan sangat teramat singkat – contohnya pembagian, perkalian, penjumlahan, pengurangan angka-angka pecahan dan persentase, kalimat superlatif, dan lainnya – pasti semuanya bisa deh namun kecepatan dan ketepatan dalam mengerjakanlah yang berbeda tiap orangnya;

d. datanglah lebih awal untuk membuat diri lebih tenang dan tidak tergesa-gesa yg akan menghilangkan fokus;
e. siapkan diri dalam kondisi fit dan prima karena tes berlangsung dari pagi hingga siang hari yg sangat menguras tenaga;
f. kerjakan dahulu soal-soal yang benar-benar diketahui, jangan terlalu banyak asal jawab (pengalamanku gitu, aku isi ya semampuku gak main tembak aja, so banyak deh soal2 yg kosong gak terisi, tp klo bisa tepat dan terisi semua ya,, intinya do ur d’best).

3. Tes kesehatan dan kebugaran
tes kesehatan berupa pengukuran TB dan BB, periksa denyut nadi, mata, dan pemeriksaan umum oleh dokter.
tes kebugaran berupa lari keliling lapangan bola dalam waktu 12 menit, dan shuttle run berlari membentuk angka 8. Datanglah paling pagi, karena akan didahulukan untuk tes kesehatan dan lari. semakin pagi datang ke lokasi saat lari nanti udara/cuaca belum terik. kalau kebagian lari siang wah kebayang teriknya gimana…

TIPS:
a. siapkan tubuh dalam kondisi fit dan prima
b. latihan lari 12 menit, temen-temenku yg lolos rata-rata untuk perempuan berhasil mencapai 4.5 putaran kalau pria ya lebih dari itu, sedangkan aku gak ikut sama sekali karena sedang hamil😀
c. berlarilah dg penuh semangat, go go go!!

4. Wawancara
TIPS:
a. berlatihlah berbicara/seolah2 sedang diwawancarai agar tidak kaku nantinya, namun bila yg sudah biasa boleh berlatih jg kok..
b. berpakaianlah yg rapi dan sopan, bila pria pakailah dasi, dan wanita pakailah blazer (jangan ketat ya blouse, rok, celana nya);
c. datang 30 menit sebelum jadwal, dan rapikan kembali pakaian kamu;
d. saat masuk ruang dan bertemu pewawancara, ucapkan salam, berjabat tangan, dan duduk setelah dipersilahkan;
e. bersikaplah yg sopan dan tersenyum;
f. menjawablah dengan suara yang tidak keras melebihi suara pewawancara dan tidak pula terlalu kecil sehingga sulit didengar;
g. menjawab setiap pertanyaan dengan jujur, meski anda tak sempurna buatlah pewawancara untuk mengetahui kelebihan anda dan menjadikan anda layak diterima. Pertanyaannya seputar pekerjaan sebelumnya, posisi dan tugas serta tanggung jawabnya, kegagalan yg pernah dialami, mengapa itu terjadi, dan bagaimana menghadapi kegagalan tsb, serta ada pertanyaan unik cuma dikemenkeu ini saya jumpai “pernah nyontek gak?” dan “punya SIM gak?”😀
h. dan yg sangat penting percaya diri.

TIPS UTAMA:
1. Berniatlah dalam setiap langkah, tentunya niat yg baik..
2. Perbanyak doa, coz usaha manusia itu gak ada apa-apanya dibandingkan kehendak Allah SWT.
3. Mintalah doa restu dari orangtua, coz ridho Allah ada pada ridho orangtua.
4. Ikhlas dan sungguh2 dalam setiap rangkaian proses tes.

Semoga sukses \(‘0’)/

182 thoughts on “Pengalaman Tes CPNS KEMENKEU

    • saat tes kesehatan nanti diminta untuk membaca barisan huruf teratas-huruf dg ukuran paling besar hingga barisan terbawah-huruf dg ukuran paling kecil seperti saat kita tes minus untuk beli kacamata, saat tes diperbolehkan memakai kacamata. jadi ‘kemungkinan’ mata minus tidak berpengaruh kecuali untuk penempatan tertentu di kemenkeu

    • iya lg hamil 6 bulan saat tes kebugaran, saat itu bagi yg hamil dilarang mengikuti tes kebugaran hny tes kesehatan aja yg diikuti. tapi ada temenku lulus jg dari semarang saat tes hamil 4 or 5 bulan karena gak ketauan hamil jadi dia lari dong dan dapet 4 putaran,, walau ngos2an, tapi bahaya juga,, untung saja janinnya kuat.. nanti saat tes kebugaran jangan dipaksakan ya mba,, kasihan janinnya.. rizki insyaAllah takkan kemana. semoga sukses

  1. mb skor tkd aq mepet 327, denger2 si untuk bisa diterima ntar skor di tiap tahapan bakal dijumlah. agak ciut si klo ngeliat skor tkd q mepet. pengen banget bs masuk kemenkeu, tp berharap mudah2an psikotes nilaiq bs bagus dan bs lanjut ke tahap tes kesehatan kebugaan dan wawancara dan mudah2an bs diterima. aamiin

    • hai iyus,, saya turut meng-amiinkan,,
      setiap yg mengikuti tes cpns pasti ingin lulus, namun mesti diingat juga bahwa usaha kita harus tetap diimbangi dengan do’a dan hati yg ikhlas. apapun nanti hasilnya yg terpenting sudah memberikan semaksimalmungkin seluruh kemampuan.

      skor TKD adalah seleksi awal memangkas sekitar 50% dari total peserta.. tahun lalu di jurusan ekonomi total yg mengikuti TKD 702 orang dan lulus ke tahap psikotes sebanyak 327 orang. nilai tertinggi 402 dan terendah yang diterima 321. jadi tergantung pula pada nilai rata-rata para peserta di masing2 jurusan.

      apakah nilainya digabung, rasanya gak juga. karena yg nilainya 402 tersebut gagal di psikotes tuh. jadi perkiraan saya, tiap tahapan tes itu berdiri sendiri. so, tes yg sudah lewat biarkan lah lewat, persiapkan dg matang dan jalani tahapan tes selanjutnya. semoga jawaban dari saya cukup membantu🙂

    • kalau dari 800 orang tsb ada yg gak memenuhi kualifikasi ya gak lulus meski memenuhi kuota. tahun kemarin beberapa formasi demikian, bahkan ada formasi yg membutuhkan 10 orang yg lolos TKD hanya 2 orang, saat akhir pengumuman 2 orang tsb tidak lolos, tidak ada yg diterima, sama halnya dg formasi hukum juga begitu yg diterima lebih sedikit dari kuota.

  2. kak mau tanya alhamdulilah tahun ini saya lulus TKD dan mau psikotes. Apa untuk tes kreplinnya menghitung dari atas kebawah secara terus menerus atau dari bawah ke atas dengan perpindahan jalur tiap pengawasnya bilang pindah?

    Terima kasih.

  3. Kak, maaf mau tanya. Kalau tes kesehatan yang bagian pemeriksaan umum oleh dokter itu terdiri dari apa saja? Apa boleh dijelaskan secara rinci kalau ga keberatan. Apakah seperti periksa urin, feses, ambeien, rontgen dsb? Kemudian ketika psikotest ada wawancara psikolognya ga kak? Terimakasih kak, assalamualaikum.

  4. Kak, maaf mau tanya. Kalau tes kesehatan yang bagian pemeriksaan umum oleh dokter itu terdiri dari apa saja? Apa boleh dijelaskan secara rinci kalau ga keberatan. Maaf ya kak, apakah seperti periksa urin, feses, ambeien, rontgen dsb? Kemudian ketika psikotest ada wawancara psikolognya ga kak? Terimakasih kak, assalamualaikum.

    • wa’alaikumussalam rinialifia,,

      tidak ada tes urin, ambeien, dan rontgen. hanya diperiksa luar saja (dibuka perutnya diraba/tekan, didengarkan detak jantung, paru2, dll dg stetoskop).. pemeriksaannya gak ada yg aneh2 apalgi tes feses segala🙂

  5. Kaa thanks info nya sangat membantu buat psikotes nnti🙂 . Btw mau nanya klo soal kyk kubus yg dibolak balik itu ada ga yaa? Atau tes IST namanya klo gak salah. Tq kak🙂

  6. Oh jadi kak, wawancaranya hanya pada saat setelah lolos tes kebugaran dan kesehatan saja? Pada saat psikotest tidak ada wawancara, hanya tes tertulis saja? Makasih banyak ya kak infonya, sangat sangat membantu🙂

    • @rinialifia: tahun lalu setelah lolos psikotes langsung mengikuti tes tahap terakhir yaitu tes kesehatan+kebugaran sekaligus tes wawancara yg digabung menjadi satu rangkaian tes, namun pelaksanaannya 2 hari

  7. Halo kak😀 mau tanya, dl nilai TKD ada d ranking berapa ya?
    Saya ikut th ini, br mw psikotest. Sebenernya kl masalah chance bener2 gambling, secara nilai tkd sy ad di dasar jurusan sy haha
    Agak tenang juga akhirnya nemuin blog kakak, ikut rekrutmen pas lagi hamil😀 critanya sy jg lg hamil gtu hehe. Harapany bs lulus smpe akhir, tp ya apapun hasilnya pasrah sih.
    Thks sharing pengalamany kak. Salken😀

  8. Mbak, untuk tes pauli katanya tiap 2 menit disuruh garis. Apa kita pindah kolom tiap 2 menit atau dalam 2 menit kita bisa mengerjakan beberapa kolom? Kalau kraeplin itu kn tiap 10 detik dikasih instruksi pindah kolom, jadi tiap peserta pindah kolom bersamaan & tidak ada tambah kertas

  9. Assalamu’alaikum mbak Zefatsani, terima kasih sebelumnya telah berbagi pengalaman. mau nanya ni mbak, untuk essay yang mengenai kelemahan, kelebihan, kesuksesan, kegagalan, impian, dan alasan masuk kemenkeu, apakah ada batasan jumlah kata atau berapa kira-kira halaman yang disediakan?
    terima kasih banyak🙂

  10. sukrON ukhti sharing-nya, sangat bermanfaat unt persiapan psikotes tgl 6 Nopember ini. Semoga diberikan kelancaran melalui setiap tahapan tes seperti ukhti. Aamin Aamin Yaa RObbal Alamin ({})

    dari penjelasan ukhti & jawaban-jawaban ukhti saya simpulkan kurang lebih hampir sama dengan psikotes di dunia perbankan namun lebih lengkap psikotes CPNS KEMENKEU.

  11. Assalamualaikum, salam kenal kak…
    kebetulan saya satu jurusan seperti kk dan ada beberapa hal yg ingin saya tanyakan hehe..

    1. Saya sdh memilih 3 posisi saat awal pendftran, misalnya dinyatakan lolos sampai tahap akhir (aaamin), apakah ada kemungkinan ditempatkannya tidak di posisi yg sdh kita pilih td? (sepengetahuan kk saja hehe)

    2. Kesuksesan dan kegagalan itu kalau saya (freshgraduate) brti hanya saat berorganisasi saja? soalnya saya dengar2 dr yg tes thn 2013 kmrn yaitu satu hal yg paling menyenangkan dan menyedihkan dlm 2 tahun terakhir. jd yg benar yg mana ya kak?
    Kalau alasan msk kemenkeu tsb apakah hrs ada hubungannya dgn nilai-nilai kemenkeu gak kak?

    3. Soal gmbar yang pilihan ganda, selain yg mencari gambar utuh dari gabungan gambar, trs ada soal gambar yg gimana lg kak?

    Terimakasih kak sebelumnya, mohon bantuannya🙂

    • @regina: wa’alaikumussalam,, saya cb jawab ya..
      1. sangat mungkin
      2. yup hal paling sukses, hal paling menyedihkan/kegagalan 2 tahun terakhir, maksud saya utk yg freshgraduate mungkin saja baru lulus tahun ini langsung melamar cpns berarti kan belum punya pengalaman kerja, sehingga bisa ia ambil kasus dari pengalaman organisasi atau masa kampus selama rentang 2 tahun terakhir. kalau ada hal lain diluar organisasi ya silahkan saja… putus cinta misalkan hehe
      3. gambar2 sebenernya saya tidak ahli, dan berharap dulu gak ada tes gambar2,, seingetku gak banyak soal gambar2 itu,, (maaf ya gak membantu nih jawabannya🙂 )

    • ada yang terlewat ya, untuk alasan masuk kemenkeu itu bisa saja terkait nilai-nilai kemenkeu,, memang sudah tau nilai2 kemenkeu🙂 ? bisa hal lainnya, nanti ada pilihannya tinggal kita beri penjelasan 1 sampai 2 kalimat atas pilihan kita tersebut.. semoga sukses ya

  12. mba…Assalmualaikum….sy mau tny donk….waktu ikut tes kesehatan mba kan sedang hamil yah ? berapa bulan ? trus mba tetep lolos ? soalnya aq juga lagi hamil bahkan dah masuk 8 bulan …. klo sesuai perkiraan mungkin klo lolos ke tes kebugaran itu aq da masuk 9 bulan…gak mungkin ikutan lari…. tpi masih ada kesempatan gak yah untuk ibu hamil lolos ditahap itu tanpa ikutan lari ? heee….

  13. mba kalo boleh tau pekerjaan di ditjen anggaran itu seperti apa ya? saya dari jurusan iesp, kemarin pilihan pertama milih posisi analis anggaran dg pilihan penempatan ditjen perbendaharaan (tidak ada pilihan ditjen anggaran), seandainya lolos ada kemungkinan ditempatkan di ditjen anggaran gak ya?🙂

    • @aang: maaf ya aang saya gak tau,, tapi di kemenkeu ini membuka peluang bagi beberapa jurusan diluar akuntansi,, yg jadi titik beratnya untuk mengisi posisi sbg PNS pada jabatan pelaksana (grade 8-dikemenkeu) adalah minimal strata 1. penempatannya pun ada yg tidak sesuai dg background jurusannya,,,

  14. mbak zefa, kalo berat badan saya gak ideal gmana mbak? kira2 taun kmaren ada gak yang diterima tapi beratnya gak ideal? terima kasih

    • for all: saya di sini sharing saja ttg pengalaman so hanya sebatas apa yang saya jalani saja, untuk sistem penilaian masing2 tes saya sama sekali tidak tau,,
      namun dari sepenglihatan dan sepengetahuan saya, yang lolos tahun kemarin itu ada yang jangkung, ada pula yg pendek (maaf ya bahasanya fulgar -jgn tersinggung yah ^_^), ada yang kurus ada pula yang berisi (gak gendut2 banget tapi dibilang ideal juga gak), ada yg semampai aduhai juga ada… so bisa dicerna ya kira2 gimana dg kondisi seperti itu

  15. Assalamualaikum kak. Kak, maafin aku balik lagi buat tanya hehe. Kak, kalau pemberkasan itu butuh ijazah dari SD sampai kuliah? Terus butuh SKHUN juga ga? Terus untuk SKCK harus tertuju dibuat dengan keterangan untuk “melamar pns” atau SKCK dengan keterangan untuk “melamar kerja” juga tidak apa apa? Maafin ya kak pertanyaan jauh, sekalipun gatau lolos atau ga tapi ga apa apa kan ya kak tanya ini hehe. Tapi semoga lolos sampai akhir Ya Allah amiin ya robalalamiin huhu. Doakan ya kak🙂

  16. Makasih sharingnya ya mbak. Lumayan dpt Info ttg psikotes CPNS. Sayangnya sy daftar utk Kementrian Perdagangan mbak. kira2 sama ga ya psikotes nya? Terus utk pemeriksaan kesehatannya, apa pake tes darah gitu? *agak trauma, soalnya pernah tjd kesalahan pas pengambilan darah di klinik, jadilah darah ku kemana2*

    Terima kasih atas kesediaannya membaca & menjawab comment ini…

    • @ning Indri: sama2,,
      karena saya gak pernah ikut tes cpns kementerian perdagangan jadi maaf bange indri,, saya tidak tau apakah sama atau tidak..
      kalau di kemenkeu tidak ada pemeriksaan darah…

  17. Assalamualaikum kak, sblmnya saya mau ucapin trmksh sdh membalas prtnyaan sy kemarin hehehe, skrg sy mau tanya lg kak…

    -Kk diterima di dirjen apa ya?
    -Wktu tes wawancara kmrn satu org ada brp intrviewernya kak?
    -Kalo pas thn kmrn, jumlah anak iesp yg lolos dari psikotest ke tahap kesehatan&wawancara nya ada brp org kak? (barang kali kk msh ingat persentasenya hehe)

    Terimakasih kak, sukses selalu🙂

  18. Mbak mau tanya, dari kemenkeunya sendiri ga dikasih jadwal pastinya ya jadwal tes kebugaran dan kesehatan sama jadwal interviewnya? soalnya kan kita yang ikut cpns juga mau daftar kerja yang lainnya buat sembari menunggu cpns ini tapi takutnya ternyata lulus cpns malah jadi ga bisa ikut tes lanjutan gara2 jadwalnya bentrok dengan jam kerja, kan kalau sudah kerja harus ijin, dan terkadang ijin jg belum tentu dikasih.. menurut mbak gimana? terima kasih sebelumnya..

  19. Ikutan pengen nanya nih, untk psikotesnya soal hitungan yg muncul ada soal deret hitung, soal cerita atau hanya sebatas soal hitungan 4 operasi aritmatika? Dan soal sinonim, antonim muncul gak?

  20. mba.. klo pas tes kesehatannya, pas periksa gigi, kira2 klo gigi udah banyak yang dicabut, pengaruh ga ya mba. soalnya aq udah 3 gigi yang dicabut mbaa. rada takut itu bs pengaruh ke hasil skornya😦

  21. hallo mba..
    mau tanya dunk…denger2 klo keterima di pajak/cukai itu abis lulus ada kayak wajib militer gitu y?
    bener gak sih mba?mohon infonya..makasih🙂

      • yang saya tau saja ya dari hasil obrolan temen2 pajak, yg saat ini baru saja selesai DTU, dan akan menghadapi DTSD, apa itu semua? intinya diklat deh, kalau sudah masuk nanti tau sendiri🙂
        nginepnya mungkin ditenda2 gitu. ada cerita gak mandi seminggu, latihan fisik berupa jalan jongkok, pushup, situap, lari, merayap, gegulingan diaspal, mandi kubangan, dan lain sebainya… jadi yg gak kuat mental, lebih baik gak usah meneruskan.. tapi yg tertantang dan bernyali baja silahkan lanjutkan perjuangan anda😀

        semoga sukses meelonelee🙂

  22. mba.. klo pas tes kesehatannya, pas periksa gigi, kira2 klo gigi udah banyak yang dicabut, pengaruh ga ya mba. soalnya aq udah 3 gigi yang dicabut mbaa. rada takut itu bs pengaruh ke hasil skornya😦
    mb aq copas lagi pertanyaanku, maaf kalo banyak nanya mb< kira@2 temen2 mb ada yg lolos ga dg gigi yg banyak dicabut (sampe 3 gt). tolong balasannya ya mb😥

    • kriteria lulusnya itu yang tau hanya dokter dan tim penilai,, saya gak tau apa2 saja yg menyebabkan peserta tidak lolos. sebagai gambaran saja karena saya gak tau kondisi gigi para peserta karena para peserta gak saya periksa satu2 (hehe), saya sendiri ada gigi graham dicabut 1 lulus,, semoga membantu ya

  23. mbak kemaren jurusan kuota mbak yang diterima lebih banyak yah daripada kuota tes kesehatannya ?
    soalnya kan mbak gak ikut tes kebugaran bisa lolos.
    saya deg degan soalnya dari jurusan saya cuma cewek sendiri, pasti bakalan kalah sama peserta cowok” kalau masalah lari”.😀
    thanks

    • #pertanyaan pertama: peserta jurusan ekonomi yg mengikuti tes kesehatan/kebugaran 2 kali lipat dari kuota yang ditetapkan kemenkeu. kenapa saya bisa lolos sedangkan saya tidak ikut tes kebugaran? jawabannya itu adalah kebijakan dari kemenkeu. kalau mau seperti saya hamil dulu nanti gak ikut tes kebugaran deh (hahaha– becanda ya sona,,) tapi tidak semua peserta perempuan yg sedang hamil lolos seleksi hingga tahap akhir.

      #pernyataan kedua: bisa saja tidak lolos, karena sejatinya tidak ada pembedaan terhadap gender🙂 tapi peluang tetap terbuka asal mau berusaha. semoga sukses

  24. Sangat bermanfaat infonya mbak..
    Saya mau nanya mbak, kerjaan analis BC apa ya mbak? Ada linknya?
    Terus pas wawancara ada tidak bahasan mengenai “apa yg bisa kamu berikan (kontribusi) untuk Kemenkeu?
    Makasih jawabannya mbak

    • 1. analis bea cukai,, bisa dibuka link berikut TUSI BC analisis bisa saja dari segi perencanaan/kebijakan, maupun evaluasi kegiatan kepabeanan dan cukai. lebih lengkapnya mungkin nanti bisa ditanyakan pada saat wawancara. boleh kok nanya2..

      2. tidak ada pertanyaan tsb.

      semoga sukses🙂

  25. Assalamualaikum Mbak.
    Saya mau bertanya untuk tes kesehatan bolehkah? hehe.
    Apakah yang lolos tahunnya mbak ada banyak yang pakai kacamata? Dan disana yang lolos tahun lalu postur tubuhnya juga ada yang besar atau kecil semua ya mba?
    Karena saya minus sekitar 3 dan ada silindernya. Lalu saya juga termasuk yang badannya agak besar jadi agak sedikit takut kalau ada tes kesehatan hitung BB.
    Terimakasih mbak.
    Wassalamualaikum.

  26. makasi mbak zefa atas jawabannya
    saya mau tanya lagi nih mbak, setahu mbak zefa taun kmaren ada gak yang gugur di tes kesehatan? jadi gak ikut tes kebugarannya gitu loh mbak, cuma ikut tes kesehatannya saja. Terima kasih

  27. saya mau tanya kak, pada saat tes kesehatan nanti ada diperiksakah badan bertato apa ngga? karena suami saya sdh lulus hasil psikotes, dan rencana tgl 2 desember 2014 ini, akan tes kesehatan&kebugaran, kebetulan suami ada tato d kaki kak, Trimaksih atas jwbannya kak

      • wah saya gak ngitung tuh brapa lembarnya…
        yang tidak diperbolehkan ikut tes kebugaran tapi diperkenankan ikut tes kesehatan (para peserta dalam kondisi ini TIDAK OTOMATIS GUGUR): wanita hamil (berapapun usia kandungannya), kesehatan yg tidak fit (misal sedang sakit yg dikhawatirkan membahayakan bila dipaksakan untuk berlari, termasuk yg sedang patah kaki, atau keseleo misalkan), untuk kasus yg lain saya kurang tau

  28. Mba, mau nanya nii.. Waktu tes kesehatan dan kebugaran ituu kita udah pake baju olahraga dari rumah atau pake kemeja dulu nanti ganti di tempat tesnya? Soalnya takut saltum pas dateng tes nanti.
    Maksih sebelumnya untuk infonya ya mba..🙂

  29. thaks mbk, infonya sangat bermanfaat.🙂 oiya mbk saya mau tanya, dlu sewaktu mbk ikut tes kesehatan ada gak mbk peserta yang lulus itu pake behel? behel berpengaruh gak mbk untuk tes kesehatan? satu lagi mbk🙂, hehe … kan sewaktu psikotes ada tuu soal esai ttg kekurang kelebihan sama alsan msuk kmnkeu, nah pertanyaan itu muncul lagi gak mbk pas wawancara? mkasii sebelumnya mbk🙂🙂🙂

    • hai naila,, tidak tau persis harus berapa putaran, maaf ya..
      ya tentu saja karena itu tes. sehingga pasti ada yg lulus dan yg tidak. karena satu rangkaian dg tes wawancara jadi kedua tes ada perhitungannya. semoga sukses

  30. siang mbak..istri sy tahun 2014 ini ikut CPNS kemenkeu, dan alhamdulilah udah lolos sampai tes kesehatan dan wawancara tgl 2&4 desember 2014 kemarin..yang sy tanyakan,jumlah peserta yang lolos sampai tes kesehatan&wawancara ada 354 orang untuk jurusan istri sy,padahal formasi yang dibutuhkan 390 orang.Apakah kemungkinan 354 orang tersebut bisa lolos semua?mengingat yang dibutuhkan 390 orang..trima kasih.

  31. Alhamdulillah bisa sampai pemberkasan skrg. Mau tanya lagi mbak, waktu pemberkasan itu kn disuruh ngumpul legalisir ijazah. Itu ijazah pendidikan terakhir atau dri SD? Terus ada lgi disuruh nulis daftar riwayat hidup dgn tulisan tangan sndri, taun 2013 ada sprti itu jg? Ada format baku atau trserah penulis mbak? Makasih

    • ijazah terakhir dan WAJIB dittd oleh dekan fakultas atau rektor. kalau mau jaga2 ijazah mpe sd silahkan.

      riwayat hidup coba dibuka diwebsite rekrutmen kemenkeu ada tidak formatnya kalau tidak ada mungkin bebas

    • kalau berkasnya tidak lengkap/berbeda dg saat pendaftaran mungkin akan menjadi kendala, dan bila fatal (misal ijazahnya berbeda, atau gak ada) bisa saja tidak lolos pemberkasan. tapi sejauh lengkap dan sesuai pasti aman2 saja (diterima).

  32. Ass wr wb. Terima ksih banyak mba blog mba sangat memberikan informasi..🙂 alhamdulillah mba saya lolos di penempatan dirjen pajak dan tgl 14 jan 2015 nanti akan diadakan orientasi.. Yg saya ingin tanyakan pd saat angkatan mba mulai masuk kerjanya tgl brp mba? Lalu penepatan bekerja di mananya itu ditentukan kapan mba? Krna skrng posisi saya sdng melanjutkan S2 saya di jakarta mba.. Terima ksh mba mohon bantuan info nya

    • w3,, congrats anisa sudah mjd bagian keluarga besar kemenkeu (yg memang benar2 BESAR hehe)

      bergantung eselon masing2,, kalau DJA januari orientasi/magang langsung kerja tanpa jeda.. jadi dipersiapkan saja segala sesuatunya dari sekarang..

      • Mbak kok cetak formulir pada pemberkasan online ga bisa di print ya? Padahal udah isi data diri dan kousioner.. simpan n tinggal cetak formulir error, bisa di download tapi yang keluar data .asp bukan .pdf, pencerahannya donk mba.. pengaruh ga ntar pemberkasan di jakarta tgl 6 ini.. makasi..

    • boleh, tapi bergantung pada eselon masing2,, di djp tahun lalu kalau tidak salah hanya dapat libur kerja 2 minggu pasca lahir.. semoga saja tahun ini lebih longgar kebijakannya.

      semoga sehat ya kandungannya,,

    • bagaimana mba anggun apakah lulus kemenkeu? ternyata sudah ada aturan yg tertuang dalam surat edaran Menteri Keuangan nomor SE-3559/Mk.1/2009 bahwa CPNS berhak mendapatkan cuti bersalin. kalau magang kebijakan masing2 eselon

  33. Bohong ah kalau jujur..anak saya dari D3 akuntansi lulus tkd urutan 40, psikotest lulus. test kesehatan juga lulus dan ikut test kebugaran ..pengumuman terakhir hilang namanya alias tidak lulus ..anda yang tidak ikut tes kesehatan dan kebugaran bisa lulus..pasti ada main ya..??

    • salam pak charles, bapak termasuk orang tua yg ‘mungkin’ peduli pada anaknya. biasanya yg blogwalking apalagi terkait cpns kemenkeu para pelamarnya tapi bapak yg notabene orangtua masih menyempatkan waktu blogwalking. saya paham begitu kecewanya bapak thd anak bapak yg gagal masuk kemenkeu. tinggal satu langkah namun gagal. yg disayangkan bukan kecewanya tapi rasa kecewa bapak yg menuduh saya ada main (suap begitu pak?). sebelum bapak main tuduh2an dan berprasangka buruk pada orang lain, coba bapak tanyakan pada anak bapak sendiri sudah berupaya dan berdoa optimal belum? bisa jadi ada yg lebih bagus tingkat kebugarannya. atau memang rizki anak bapak ada di tempat lain, yg bisa jadi lebih baik dari kemenkeu.

      yg perlu bapak perhatikan, rekrutmen saya (sarjana) sedikit ada perbedaan dg D3, bila D3 hanya sampai tes kebugaran, dalam rekrutmen sarjana ada rangkaian tes wawancara sekaligus kesehatan dan kebugaran, jadi ada 3 poin penilaiannya pak, bukan sekedar hasil kebugaran saja. saya ikut tes cpns sudah berkali2 pak dari tahun 2011, dan baru lulus di tahun 2013 di kemenkeu ini yg benar saya rasakan alur rekrutmennya paling jelas dibandingkan yg lain. kalau saya mau menyuap, mungkin saya sudah lolos cpns sejak tahun 2011, tapi saya tidak mau dg cara yg tidak jujur.

      ketika saya gagal berkali2, tak pernah saya menyalahkan mereka para pesaing saya yg lolos tersebut dengan berprasangka mereka menyuap atau melobi panitia/pegawai instansi. kecewa pasti, sedih tentu, karena orangtua sangat mendukung (bahkan ayah saya sempat mengantar tes dari lampung ke jakarta). tapi, saya beruntung punya orang tua yg hebat, meski saya gagal mereka tetap membesarkan hati saya, dan selalu berpikir positif dan meminta saya untuk mengambil hikmahnya. mungkin itu yg membedakan kita ya pak.

      anak bapak coba saja tahun depan lagi pak, dan nanti silahkan bapak ceritakan di sini apa permainan yg bapak maksud (bila suap, berapa suap yg harus digelontorkan untuk jadi pegawai kemenkeu?). buktikan sendiri saja pak, dan tidak mengurangi rasa hormat saya pada orangtua, alangkah baiknya tetap mendukung sang anak pada pilihan anak itu sendiri.

      ngomong2 banyak para komentator di atas bapak ini yg berhasil lolos cpns (atas kehendak Tuhan-tentunya) yg bisa bapak tanyakan, adakah main2 itu… pilihan di bapak, berkutat dg buruksangka atau menatap hari dg optimis..🙂

  34. Assalamu’alaykum mba Zefatsani,

    Tahun lalu saya sudah mencoba ikut test cpns Kemenkeu tahun 2014 tapi berhubung nilai TWK saya kurang 10 point makanya saya gagal di TKD.😥 Cukup sedih tapi tidak membuat saya pantang menyerah untuk mengikuti test tahun ini. Jujur waktu saya mendaftar pertama kali tahun lalu saya sedikit bingung untuk menentukan direktorat mana yang ingin dituju akhirnya saya pilihnya asal saja.😛 Makanya itu saya ingin meminta pendapat mba kira-kira menurut mba untuk tahun ini saya sebaiknya pilih direktorat apa ya mba ? Saya lulusan S1 Akuntansi, status Kawin memiliki 1 orang putri kecil dan tinggal di Jakarta. Hehehe.. Mohon pencerahannya ya mba agar saya semakin mantab untuk mengikuti test tahun ini. Dan semoga dapat lolos tahun ini. Aamiin Yaa Allah.

    Wassalamu’alaykum.

    • wa’alaikumussalam mba aning,,,

      ada beberapa hal yg bisa mba diperhatikan/pertimbangkan, bahwa
      1. Di kemenkeu jam kerjanya panjang, bahkan lebih panjang dari kementerian/pemda/lembaga, bahkan hampir sama dg perusahaan swasta. jam kerja mulai dari 7.30 hingga 17.00, dan kalau terlambat datang atau lebih cepat pulang akan kena potongan tunjangan, begitu pula bila izin tidak masuk (kecuali cuti, dan sakit) akan kena potongan tunjangan yg tidak sedikit. belum lagi bila ditambah ada rapat bisa pulang paling cepat jam 8 malam. konsekuensi dari jam kerja yg panjang tersebut adalah waktu bersama keluarga menjadi terbatas. belum lagi bila dihitung waktu tempuh (apalagi untuk jakarta, ampuun deh maceetttnyaaa)

      2. peluang mutasi, tidak semua direktorat ada mutasi ke luar daerah, contohnya direktorat jenderal anggaran dan inspektorat jenderal yg tidak memiliki kantor vertikal di daerah, sehingga mutasinya hanya sebatas pindah meja/ruangan/lantai. beda dg direktorat lain seperti bea cukai, pajak, perbendaharaan, kekayaan negara dll, yang sangat mungkin setiap pegawai akan merasakan mutasi ke luar daerah. konsekuensinya, harus siap bila sewaktu-waktu dipindah tugaskan ke lain daerah, bila single mungkin lebih santai, tapi kalau sudah berkeluarga banyak hal yg harus dipertimbangkan, apakah suami dan anak ikut pindah atau terpaksa long distance relationship dulu..

      ada plus minus nya mba di tiap direktorat.. saran saya cari yg paling memungkinkan untuk mba aning dan keluarga bisa jalani. apakah tinggal di jakarta itu memang sudah akan selamanya di jakarta? bila iya bisa dipilih direktorat2 yang tidak memiliki kantor vertikal di daerah. bila mba berencana ingin tinggal di daerah tanpa hingar bingar jakarta, bisa dipilih direktorat yang memiliki kantor vertikal di daerah. saat ini sistem mutasi sudah lebih baik dari sebelumnya. kebanyakan teman saya yg perempuan dan atau yg sudah berkeluarga ditempatkan di sekitar homebase daerah masing-masing. semoga membantu ya mba aning…

  35. Assalamualaikum.. mba zefa

    Sy yudhi.. ikut tes cpns kemenkeu 2014 kemarin, dan alhamdulillah lulus di Ditjen Bea cukai.
    sy ingin menanyakan soal SK dan ehhmm.. rapelan gaji.. hehe..
    sy resmi OJT itu mulai februari dan smpe bulan juli ini SK CPNS msih belum turun, meskipun sdh ikut diklat samapta & agustus nanti prajab. NIP juga sdh sy liat di daftar prajab. Kira2 mnurut prhitungan atw pngalamn mba, kpn ya SK CPNS kmungkinan kami terima..
    trus apa ada rapelan gaji jika nantinya kami sdh menerima SK? Dan apakah rapelan dihitung mulai dri TMT?

    Trima kasih dan sukses slalu
    Wassalam,
    Yudhi_DJBC.15

    • wa’alaikumussalam..

      selamat ya sudah di terima.
      untuk turunnya SK, saya hanya bisa memberi gambaran pengalaman saya aja, untuk pastinya silahkan tanya ke kepegawaian atau biro sdm pusat (sekjen).
      saat angkatan saya, SK CPNS turun sekitar 5 bulan dari TMT
      sedangkan SK PNS turun hampir 1 tahun dari diterimanya SK CPNS.
      Tentu ada rapelan, karna sekarang masih terima ratusan ribu per bulan yang itu diambil dari tunjangan. nanti setelah SK CPNS turun, akan dapat rapelan (kekurangan gaji yg 80%+tunjangan yg dikurang honor saat ini) dihitung dari TMT, begitupula rapel gaji (20%) bila nanti telah turun SK PNS.

  36. Assalamualaikum Mba Tiara, saya ingin bertanya mengenai tes kesehatan. Tinggi Badan saya 150-151 cm, sedangkan BB saya 45 kg. Yang saya tanyakan adalah apakah dengan TB yang saya sebutkan tsb dapat menghalangi mimpi saya untuk menjadi CPNS Kemenkeu? dan kira2 BB yang ideal dengan TB saya berapa? saya takut saat tes TB dan BB. sudah berjuang diawal dan akhirnya gara2 faktor ini saya tidak diterima. Terimakasih atas perhatiannya dan ditunggu jawabannya🙂

    • Hi Isnin, saya sudah lama tidak berkunjung ke blog,,, maaf ya baru sempat membalas.. Kriteria TB dan BB saya tidak tahu, gambaran yang lulus tes ada yang pendek gendut kurus tinggi langsing, dari sangat proporsional hingga menurut saya ada yang tidak.. jadi kemungkinan banyak hal selain TB dan BB yang menjadi penilaian diterima tidaknya calon cpns kemenkeu. terus berusaha dan berdoa

  37. Assalamualaikum mba,, saya berniat ingin mengikuti CPNS setelah tahun tahun lalu tidak tertarik,, hehe
    untuk info adanya pendaftaran CPNS itu dimana? soalnya banyak berita yang palsu.. mohon reply nya yah mba.. makasih.

  38. assalamualaikum mb, saya ingin mnnanyakan terkait cpns,
    1. ipk sya 3.08, misal btas mnimum kemenkeu 3.00, kirakira bisa tidak sy llus? krna wlau diatas 3,.00 tp seelisih dkit, ada ga tmn mba yg ipk gasampe 3.1 tp llos?
    2. thap wwncara itu mash bisa gugur kah? atau ud pasti lulus?
    mohon mba berknan jawab dua kbingungan saya, makasih sblmnya
    sukses teruus ya mba . smile emotikon

  39. assalamualaikum mb, saya ingin mnnanyakan terkait cpns,
    1. ipk sya 3.08, misal btas mnimum kemenkeu 3.00, kirakira bisa tidak sy llus? krna wlau diatas 3,.00 tp seelisih dkit, ada ga tmn mba yg ipk gasampe 3.1 tp llos?
    2. thap wwncara itu mash bisa gugur kah? atau ud pasti lulus?
    mohon mba berknan jawab dua kbingungan saya, makasih sblmnya
    sukses teruus ya mba . smile emotikon

    • wa’alaikumussalam,, sudah mulai pembukaan cpns kah ratna? saya lihat sih belum ada ya,,
      1. saya gak tau ipk peserta yg lolos seleksi. yg jelas utk administrasi bila ipk memenuhi syarat bisa lulus administrasi
      2. tahap wawancara bisa gugur, tapi saya lupa berpa perbandingannya.
      aamiin makasih ratna, sukses juga untuk kamu..

  40. selamat siang mba tiara,

    cpns kan taun ini udah dibuka. tapi websitenya yang mana? bingung. awal pendaftaran online nya gimana.. saya belum ngerti, mohon bantuannya. terima kasih mba.

    • ketika buka webnya the site can’t be reached gtu aja, tidak dapat di akses .gimana yah mba.

      kalo persyaratannya apa aja, TOEFL apakah harus ada? skck kartu kuning.. kira kira pernyaratan lengkapnya apa aja? terima kasih.

  41. assalamualaikum mba tiara.. mba untuk pendaftaran CPNS di kemenkeu, pendaftaran awal untuk seleksi administrasinya di link http://panselnas.menpan.go.id atau ada link lain? apakah di kemenkeu persyaratan berkas awal untuk pendaftaran harus melampirkan SKCK,kertu kuning,surat dokter dari instansi pemerintah dah legalisir dari SD s/d pendidikan terakhir? mohon untuk balasannya.. terima kasih

    • wa’alaikumussalam,
      saya belum tahu apakah cpns 2016 sudah dibuka,, karena banyak sekali berita yang simpang siur.

      mungkin skck dan surat dokter ada tapi saya lupa ya, sedangkan untuk ijazah cukup pendidikan terakhir saja, lebih tunggu saja pengumumannya, segala persyaratanpun dikirim secara online jadi memudahkan.

  42. assalamualikum mba tiara..
    kalau boleh tau dulu ipk mba berapa ya? dan dari universitas swasta atau negri?
    apakah ada perbedaan antara univ swasta dan negri?
    Terima kasih mba

    • wa’alaikumussalam,,hi iis, cpns sudah ada pengumuman dibuka?
      untuk ipk di atas yg dipersyaratkan, saya dari univ negeri, dan temen2 yang lolos banyak juga dari universitas swasta, jadi kesempatannya sama.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s