Pengalaman Tes CPNS Kementerian Koordinator Perekonomian

Pengalaman tes CPNS kementerian koordinator perekonomian yang pernah saya ikuti sebagai berikut:

1. Seleksi Berkas

2. Tes TKD dengan menggunakan sistem CAT, bisa disearching saja ya banyak contoh2 soal di internet yang bisa didonlot atau bila punya uang bisa beli buku latihan soalnya

3. TKB, Nah tahap 3 ini lumayan lama karena 3 rangkaian tes dijadikan satu waktu.

a. FGD, 1 kelompok ada 6 orang, nanti akan diberikan soal yang terdiri dari satu kasus misalnya perusahaan yang ingin maju, namun ada 10 alternatif kebijakan/tindakan, nah kita diminta untuk mengurutkan dari 10 alternatif tersebut mana yang paling URGENT/Penting hingga tidak penting… Pertama kita diminta untuk mengurutkan secara pribadi, lalu jawaban kita tersebut didiskusikan dalam kelompok hingga bertemu kata SEPAKAT mana kebijakan yang harus diambil sebagai prioritas UTAMA, dan urutan ke 2,3 hingga 10.

disinilah tantangannya, mampu gak kita beragumen secara meyakinkan, inget yah bagaimana kita mencari alternatif prioritas bukan mempertahankan EGO, kalau pilihan kita tepat sampaikan argumen yg masuk diakal, namun bila ada pilihan org lain yg lebih tepat gak ada salahnya kita setujui dg memberi tambahan alasan misalkan.. tata cara berdiskusi juga harus dijaga, tidak ada notulen dan pimpinan diskusi, semua sama. waktunya cuma 10-15 menit saja untuk diskusi, jadi berusahalah memberikan argumen dengan baik, mudah dicerna/pahami, meyakinkan, dan SANTUN, kemudian inisiatiflah utk mengerucutkan pilihan, lalu simpulkan 1 pilihan.

saat diskusi, setelah saya mengutarakan pendapat, saya mencoba memancing teman yg belum berbicara dg mempersilahkannya untuk mengutarakan pilihan dan pendapatnya. tatap mereka yg berbicara meski mereka berseberangan pendapat dg kita, karena itu suatu bentuk menghargai. jangan menggunakan kalimat2 negatif seperti “saya tidak setuju dg anda”, “oh bukan begitu”, karena itu terkesan frontal dan kasar. ENJOY saja…

b. Psikotes

nanti kita dihadapkan pada layar komputer yang akan menampilkan soal-soal seputar diri pribadi, seperti etos kerja, karakter diri dalam lingkungan, teman, dsb mirip dengan EPPS. Tips nya baca dg seksama dan pilihlah sesuai dg diri sendiri.

c. Wawancara

wah sesi ini sesi terlama,,, ada 2 pewawancara (sepertinya psikolog deh), gak tau maksudnya apa, tapi kedua pewawancara itu mewawancarai kita secara terpisah namun pertanyaan yg diajukan sama.. mungkin ingin mendengar konsistensi kita, kalo bohong berarti keterangan yg diberikan kemungkinan berbeda-beda (tapi ini cuma kemungkinan loh ya), pertanyaannya seputar: pernah kerja dimana, tugasnya apa, pernah mengerjakan apa, hubungan dengan atasan bagaimana, konflik yg pernah dialami dan pemecahannya, kegagalan seperti apa, prestasinya apa, motivasi ikut cpns kemenko apa, dll

jawablah dengan lugas dan tetap santun serta tersenyum…

sayaangg banget saat pengumuman hanya mampu diurutan ke-2 sebagai cadangan dengan selisih poin 0,- (nol koma sekian) dengan urutan pertama, ngenes banget kan.

Sistem penilaiannya 60% TKD, 40% TKB,, nilai TKB ku jauh lebih tinggi namun sayang nilai TKD ku jauh dari yang nomor 1 hahaha,, yowes bukan rizki ku disana…🙂

rupa-rupanya yg nomor 1 itu juga ikut di kemenkeu dan DKI hehe saingan lagi deh,, alhamdulillah masing-masing dari kami punya jalannya sendiri-sendiri😀

2 thoughts on “Pengalaman Tes CPNS Kementerian Koordinator Perekonomian

  1. Trmkasih Mbak, sangat bermanfaat infonya. Kebetulan saya sdg tes di Kemenko Perekonomian jg. Mw tanya untuk TKB/ Assessment ada tes substansi tidak? soalnya saya bukan lulusan ekonomi. Terus FGD dan interview nya pake bahasa Inggris/ Indonesia? Ada saran biar lulus TKB Mbak? hehe, terima kasih sebelumnya..

    • kalau tahun kemarin, tidak ada substantif, semuanya berbahasa Indonesia… minta restu orang tua dan berlatih wawancara (cukup membantu ini) bisa jg dibaca visi misi kemenko, serta lebih mengenal lagi kelebihan diri. semoga berhasil

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s