Tortilla dan Kebab


aku suka banget dengan kebab. kebetulan saat aku masih ngekos, ada penjual kebab yang jaraknya gak sampai 100 meter dari kosan. hemm…. dan hamil ini kembali pengeeennn banget makan kebab cuma sayangnya jarak rumah jauh dari penjual kebab. hubby sempet bela-belain mampir ke ciputat sepulang kantor buat beli kebab. dan emang enaakkk, aku habis 2 buah hehehe… celakanya, keinginan makan kebab tuh terus-terusan. alhasil aku berpikir keras, dari pada beli terus2an mending coba buat ajah ya,,, percobaan pertama buat tortilla gagal, yang kedua suksess,,,, dan daging kebabnya nyummy… sekali buat hubby langsung suka. tapi sorry nih guys, potonya jelek coz udah malem jam 8-an beres masaknya. dan udah lapeerr banget jadi langsung abis deh^^ aku habis 2, hubby 3 kebab… weleh weleh…

kebabnew1

masih terlihat irisan bawang bombay nya tuh…, daging kebab ini susah payah ngumpetinnya coz sama hubby dicemilin mulu…

namun setelah jadi, baru ‘ngeh’ kalo warna dagingnya gak semerah daging kebab yang dijual dipinggir jalan. begitu juga dengan tortilla yang warnanya kekuningan bukan putih. tapi namanya bikin sendiri jadi bisa dipastikan semua bahan yang dipakai aman. sedangkan yang dijual2 itu pasti menggunakan pewarna. meski pewarna makanan tapi belum tentu digunakan dengan dosis yang sesuai, makanya daging kebabnya bisa semerah itu. ini dia guys resepnya… siapa aja bisa buat kok… ayo manjakan keluarga dan perut sendiri hihihihiii 😀

kebabnew2

Bahan Tortilla:

250 gr tepung terigu berprotein sedang

100 ml susu cair panas (harus panas yah, tujuannya agar adonan menjadi matang)

½ sdt garam

½ sdt gula (jika menggunakan susu manis, penggunaan gula bisa dihilangkan)

3 sdm extra virgin olive oil / minyak goreng

 

Bahan Daging Kebab:

250 gr daging giling khas dalam

tepung terigu

tepung maizena

tepung tapioka

1 buah bawang Bombay iris

5 siung bawang putih

5 siung bawang merah

1 sdm ketumbar kasar / halus

2 cm lengkuas

½ sdm merica

1 sdt garam

¼ gula merah

½ sdt posmik (bila ada, gunanya mengembalikan tekstur daging)

3 tetes pewarna merah makanan

Pelengkap isian:

lettuce/selada/sawi putih

keju, saus sambal, saus tomat, irisan bawang Bombay, daun peterseli/seledri, dan mentimun

 kebabnew3

Cara membuat Tortilla (kulit kebab):

  1. masukkan tepung ke dalam mangkuk atau mixer, masukkan garam, gula, dan minyak, aduk sebentar.
  2. masukkan susu cair panas sedikit demi sedikit sembari di uleni hingga kalis (jangan menuang susu sekaligus agar adonan tidak encer, dikira-kira saja yah). tutup adonan dan diamkan 15 menit.
  3. ambil 50 gr adonan lalu giling membentuk bulatan tipis. lakukan hingga adonan habis (baiknya adonan yang sudah digiling ditaruh dalam wadah tertutup agar tidak mengeras).
  4. panaskan pan datar, dan panggang tortilla dengan cara dibolak balik hingga ada bulatan kecil berwarna coklat (jangan sampai mengeras ya).
  5. simpan tortilla dalam wadah yang tertutup rapat.

 

Cara membuat Daging Kebab:

  1. masukkan daging giling, garam, ketumbar, merica, lengkuas, bawang merah dan bawang putih pada mesin penggiling daging / mixer. giling hingga semua bumbu hancur dan menyatu dengan daging.
  2. masukkan bawang Bombay, gula merah, posmik dan beri 3 tetes pewarna makanan. giling kembali.
  3. masukkan tepung maizena, tepung tapioka, dan tepung terigu. giling kembali hingga tercampur rata.
  4. (karena aku gak punya alat pemanggang kebab, aku pakai pan datar). bagi daging menjadi beberapa bagian lalu pipihkan hingga tipis.
  5. panaskan pan datar, olesi dengan minyak dan panggang daging hingga matang. angkat sisihkan.

 kebabnew4

Cara membuat Kebab:

  1. iris bulat tipis 1 buah mentimun.
  2. siapkan lembaran-lembaran selada/lettuce. atau irisan sawi putih.
  3. ambil 1 lembar tortilla. susun isian secara vertical dan sesuai selera: taruh lembaran selada dan susun mentimun. susun potongan-potongan daging kebab. beri irisan bawang Bombay dan parutan keju. lumuri dengan mayonnaise, saus sambal dan saus tomat.
  4. panaskan pan dan margarin. panaskan kebab. angkat dan sajikan.
Iklan

Sapi Lada Hitam


sapi lada hitam

Sapi lada hitam ini aku buat berdasarkan request hubby yg pengen banget makan sapi lada hitam. biasanya sih kita beli di resto, tapi sekarang aku mau coba buat sendiri, toh persediaan daging masih banyak. bahan-bahannya juga gampang banget didapat dan udah ada semua di dapur. waktu makan, hubby makan lahap banget, sampe2 potongan daging terakhir jadi rebutan ^^. selesai makan hubby tiba2 ke dapur, aku pikir ngapain. rupanya nyuci piring. padahal hubby pulang malam dan pasti capek ;’( tapi sempet2nya hubby nyuci piring plus ngerendem cucian baju. ternyata sapi lada hitam ku menggerakkannya,,, hehehe… love u aa.. ^^

lhooo… kenapa jadi curhat gini. yuks mari intip resepnya yah….

Bahan:

daging sapi, iris tipis-tipis

1 buah timun, belah menjadi 4 bagian. buang bijinya dan potong kotak

2 buah baby corn, iris serong tipis

1 buah brokoli, potong-potong dan rendam dengan air garam agar ulat-ulatnya keluar

2 buah cabai merah besar, buang bijinya dan potong kotak

1 buah bawang Bombay ukuran sedang, potong kotak menjadi 8 bagian

2 buah bawang putih, iris tapi jangan terlalu tipis agar tidak cepat gosong

3 cm jahe, iris memanjang

1 sdm saus tiram

2 sdm kecap manis

1 sdt kecap asin

1 sdm saus tomat

½ – 1 sdm lada hitam

200 ml air matang

1 sdm larutan maizena

minyak goreng

 

Cara membuat:

  1. lumuri irisan daging dengan tepung kanji (tujuannya agar daging menjadi empuk setelah digoreng).
  2. panaskan pan, tuang minyak goreng secukupnya. masukkan daging. goreng hingga setengah matang. angkat dan tiriskan.
  3. panaskan pan dan tuang 3 sdm minyak goreng. tumis bawang Bombay hingga agak layu, masukkan jahe dan baby corn, goreng sebentar. masukkan cabe merah dan bawang putih, tumis hingga bawang putih kekuningan. masukkan daging, tuang saus tiram, kecap asin, saus tomat, dan kecap manis. taburi lada hitam. tumis sebentar hingga saus menyatu.
  4. masukkan air lalu brokoli. aduk-aduk hingga daging matang dan kuah menyusut (bila kuahnya tinggal sedikit bisa ditambahkan sedikit air lagi sesuai selera). masukkan timun. bila kuah belum kental, tuang larutan maizena.

angkat dan sajikan segera.

Beef Steak with Brown Sauce and Lyonnaise Potatoes


Image

 

Awalnya sih bukan mau buat steak, cuma berhubung tujuan awal membeli daging khas dalamnya gak kesampaian gara-gara aku gagal buat kulit kebab so dagingnya juga gak jadi dibuat kebab. Karena cukup banyak juga, dan masih dalam ukuran tidak terlalu kecil, diputuskanlah membuat steak. Ini buatan steak pertama ku lho… Meski termasuk uji coba, dan berbekal resep-resep steak yang udah aku kumpulin sejak lama, hasilnya enak kok sampai-sampai hubby gak berenti-berenti bilang “makasiiih yah” plus cipika cipiki… Yaelahhh wkwkwkk…

Bahan:

2 potong daging khas dalam (seperti tenderloin, sirloin, dll)

½ bawang bombai, iris bulat tipis

2 siung bawang putih, cincang halus

1 batang seledri, ambil batangnya saja lalu potong memanjang

3 sdm susu cair (karena gak ada cream hehe..)

Coke/soda (aku pakai sprite)

250 ml air kaldu sapi (aku pakai royco, caranya tuang royco sedikit saja pada air dan aduk-aduk. jangan terlalu banyak memberikan royco agar tidak terlalu asin).

bubuk bawang putih dan lada hitam

2 sdm tepung maizena cair

extra virgin olive oil dan mentega

 

Cara membuat steak:

  1. daging di pukul-pukul, lumuri kedua sisi daging dengan sedikit garam, lada hitam, dan bubuk bawang putih.
  2. taruh daging dalam wadah, rendam dengan air soda/coke hingga ½ tinggi daging. tutup rapat wadah dan simpan di dalam kulkas semalaman (-+ 12 jam).
  3. siapkan pan yang telah diolesi extra virgin olive oil, panaskan pan.
  4. panggang daging selama 5 menit untuk tiap sisinya (tidak di bolak-balik) dengan tingkat kematangan well done (tergantung juga pada ketebalan daging). minyak bekas memanggang jangan dibuang karena akan dipakai kembali untuk membuat saus.
  5. Angkat, dan tiriskan.

 

Cara membuat brown sauce:

  1. panaskan pan (pakai lg pan dan minyak bekas memanggang steak) dan tambahkan mentega. tumis bawang Bombay hingga agak layu, masukkan bawang putih dan batang peterseli, tumis hingga harum.
  2. Masukkan kaldu sapi, tunggu hingga mendidih. tambahkan lada hitam secukupnya, dan susu cair. cicipi apakah saus sudah pas atau belum.
  3. Setelah mendidih dan rasanya enak, matikan api. saring.
  4. panaskan kembali saus yang sudah disaring, dan beri maizena cair sembari diaduk.
  5. tuang saus di atas beef steak, sajikan hangat bersama lyonnaise potatoes, dan saos sambal.