Wajah malaikat


liat wajah nizam dengan beragam ekspresi seharian gak akan pernah buat ku bosan. lucu. mulai dari wajah merayunya, senyum genitnya, kening yang dikerut-kerutkan kayak orang tua lagi mikir, ekspresi lagi ngupil, wajah bengong melongo, senyum cerdik kala berhasil menumpahkan air dan tawa ngakak membahananya, semua itu bunda suka!

tiap menit rasanya pengeen terus sama nizam. kalau dipikir-pikir, malah aku yang seakan butuh pelukan nizam. rasa bahagia kala nizam menghampiriku ingin dipeluk itu buat nagih. sensasi dibutuhkan. gak kerasa nizam sudah semakin besar. sudah banyak hal yg bisa ia lakukan sendiri. banyak pula kata yang ia ucapkan walau tak ada seorangpun yang mengerti maksudnya haha… tapi itulah nizamku. selalu bercerita dengan bahasa bayinya dan aku tetap suka!

aku juga sangat suka memandang wajahnya kala nizam tertidur lelap, terlihat semakin ganteng, hihii… aku selalu menciuminya dan memeluknya saat ia tidur. seneng banget bisa bersama-sama nizam. penyemangatku.

beberapa hari belakangan ini, nizam lagi kurang sehat. sempat seharian gak mau minum susu sedihnya. makan pun sedikit. rewel banget, mana suami lagi dinas. sedih kalau cuma sendiri, karena aku gak tegaan kalau nizam kenapa-kenapa. gak kuat walau nizam cuma kena pilek rasanya itu… nizam juga sempat diare, alhamdulillah hanya dua hari. sebelum tidur nizam aku kerok pake bawang merah. nizam gak protes. bahkan tadi malam minta dikerokin lagi, kalau berenti ngerokin nizam marah. setiap malam aku urut dan kerok pakai minyak telon+bawang merah dipunggung, perut, tangan dan kaki. terlihat ggbanget nizam menikmati ūüėÄ dia diam, eh gak lama langsung pules bobo.. memang kerokan itu mujarab banget ya, obat turun temurun walau katanya cuma mitos tapi faktanya memang kerokan membuat badan jadi enak. apalagi kemarin baru baca detik(dot)com, hasil penelitian kerokan di fakta ilmiah kerokan

Iklan

Berkebun


InstagramCapture_b68d4b13-1ed0-494e-ab28-67e265133a6bSiapa yang tak suka melihat rimbunnya pepohonan hijau yang menyejukkan mata dan hati? Saya paling suka jalan-jalan ke tempat bernuansa alam seperti puncak pegunungan, persawahan, air terjun, taman bunga, dan juga pesisir pantai. Hem.. tak akan pernah bosan. Hari ini Nizam berkebun untuk pertama kalinya. Seusianya, kegiatan berkebun tentu sangat menyenangkan sekaligus melatih motorik halusnya. Nizam menggenggam, meraba tanaman maupun tanah, dan belajar menyiram tanaman. Kegiatan ini akan mengajarkan Nizam untuk menyayangi alam, termasuk tanaman yang ada di sekelilingnya untuk dirawat agar tumbuh menjadi tanaman yang cantik.

Tak ada kata terlalu dini untuk mengenalkan alam pada anak kita. Ayo pakai sepatumu, mari kita berkebun! Yeay!!

Come back!


Rasanya waktu berjalan teramat lama saat hari demi hari terlewati tanpa kehadiran bujang Nizam di sisiku. Hampir tiga bulan mutiara hatiku, pelipur laraku, penyejuk mataku, jantungku ku titipkan ke ibunda tercinta. Keputusan yang teramat sulit untuk diambil, tapi berkali-kali aku menguatkan diri bahwa ini keputusan yang tepat – sementara waktu- jangan egois pada diri sendiri, beri kesempatan untuk Nizam ‘pulih’ menguatkan jiwa dan raganya.

Beberapa bulan lalu diusianya telah menginjak 1 tahun, Nizam harus dirawat, tiga hari tangan mungilnya harus terpasang infus. Tercabik-cabik hati ini saat melihat Nizam yg lemah dan menangis sakit. Panas tinggi¬†dan¬†batuk berdahak yang menyerangnya, sukses membuat Nizam tidak mau makan. Badannya menjadi kurus. Duh,, hati ibu mana yang tak berduka…

Baca lebih lanjut

NIZAMKU SATU!


teruntuk anakku,, jantungku, hidupku..

suatu saat nanti mungkin engkau akan membaca tulisan ini,, tulisan bundamu, manusia paling lemah di bumi,, manusia yang mudah menangis tatkala engkau sakit, atau tak mau makan. manusia yang seringkali merasa bersalah karena tak mampu memberikan yg terbaik untuk mu. maafkan bunda nak, satu tahun ini bunda menyadari banyak sekali kekurangan bunda dalam mengasuhmu, menjagamu, namun ada yg tak pernah berkurang nak,, kau tahu itu? kasih sayang bunda padamu tak pernah berkurang sedikitpun, kasih sayang bunda selalu tumbuh mengikuti pertumbuhanmu,,

selamat hari lahir putraku, kebanggaanku,,,
engkaulah cahaya harapan bunda,

senyummu mendamaikan hati bunda,
tawamu, dan teriakanmu membuat bunda merasa ramai, senyummu mendamaikan jiwa
seringkali kau bergelayut manja,
seringkali kau tak mau lepas dalam gendongan,
seringkali pula kau tak mau jauh dari bunda bahkan hanya beberapa meter saja,
tak ada yg bunda tuntut darimu, selain menjadi penyejuk hati bunda,terimakasih engkau telah hadir dalam hidup bunda…

nizam sayang,,, jadilah anak yg soleh, semakin mencintai Allah, dan semoga Allah mencintaimu nak,,,
semoga Allah memberikan kesehatan padamu, dan memberi waktu panjang bagi kita untuk bersama-sama mengarungi hidup ini hingga dipersatukan di jannah-NYA..

bunda sayang nizam…

Persalinan


Alhamdulillah bergulir waktu hingga ku lihat kalender menunjukkan tanggal 14 Februari. Tepat disaat itu aku bertaruh nyawa, dua nyawa-diriku dan bayi kecilku. Hingga saat inipun saya¬†masih merasa takjub dengan kuasa Allah, bagaimana Ia mengkaruniakan setiap pasang suami-istri dengan lahirnya anak sebagai ‘harapan’ dan ‘cita’ mereka. Di dalam rahim yang sempit dan gelap, Allah pelihara janinku. Meski kehamilanku tidaklah mudah (diwarnai muntah yang parah-tapi tidak sampai dehidrasi dan dirawat) saya¬†merasa bahagia, merasa ada yang menemaniku sepanjang hari meski saya¬†belum pernah bertemu dengannya, rasa sayang itu semakin tumbuh.

entah bagaimana saya¬†merasa bahwa bayiku ini begitu pengertian dan kuat, selama kehamilan tak pernah ku merasa direpotkan. bila banyak ibu hamil yang mengeluh kecapekan dan bahkan sakit2an. alhamdulillah saya¬†merasa kuat, capek memang terasa tapi hatiku bahagia. pulang pergi bojongsari-senen setiap hari dibonceng motor oleh suami kulakoni hingga perut ini membesar kira-kira 36 minggu. perjuangan memang, tak jarang perut merasa sakit apalagi bila terbentur dg polisi tidur atau lubang. punggung yg terasa ingin retak… semuanya ku¬†lalui dengan hati ikhlas dan bahagia untuk persiapan mu kelak di dunia ini nak..

tiba saatnya cuti, hari rabu-12 Februari 2014, saya ditemani suami dan kakak ipar melaju ke bandar lampung, sempat bimbang karena kehamilan yg sudah tua, khawatir bila melahirkan dijalan bahkan dikapal -_-. tujuh jam lamanya perjalanan darat diselingi naik kapal laut.. saya dan suami masih sempat foto2 dikapal. memang terlihat perutku sudah di bawah (hem.. bahasanya gimana ya hehe). sesampai di bandar lampung, juga ditemani kakak, periksa ke dokter kandungan.. hasilnya sungguh mengejutkan. kala itu dokter bilang bahwa bayi mungil di perutku masih kecil 2,3kg saja (padahal hasil USG terakhir di jakarta oleh 2 dokter beratnya 2,7kg ) dan hampir tidak mungkin kalau melahirkan dalam waktu dekat, perkiraan bisa 1 bulan kemudian. bingung dan ragu dengan penjelasan dokter tersebut, saya mencari second opinion ke dokter yang lebih senior (dokter ini pernah menangani kakak saat keguguran dulu). daan.. dokter kedua pun mengamini opini dokter sebelumnya. bahkan sempat dibilang bahwa menurut perhitungannya (berdasarkan hari terakhir mens) akan lahir tanggal 14 februari yang tak lain tak bukan LUSA!

Baca lebih lanjut

11 Bulan My Prince,,,


gak kerasa bujang bunda sudah hampir 1 tahun,,, rasanya waktu berlalu begitu cepat,, usia-usia ini bayi lagi lucu-lucunya dengan segala kepintarannya yg membuat bun dan ayah senyum-senyum takjub. bagaimana perkembangan bujang ganteng?

– beratnya 7,9kg UPDATE beratnya 8.3kg TB 70cm (sama dg bulan lalu, nizam sempat kena tampek -entah rubella, atau roseola- demam tinggi 39 lebih hingga menggigil, tapi saat diperiksa di IGD panasnya turun jauh jadi 37,7 aneh ya,,, alhamdulillah hari ke-5 dari sakit panasnya timbul merah2 sekujur tubuh -dari kulit kepala hingga kaki- dan sudah tidak panas dan mulai mau makan lagi)

– kata bu guru nizam sudah bisa berdiri sendiri tanpa berpegangan, tapi bun dan ayah belum pernah lihat, bunda hanya lihat nizam berdiri lepas tangan sekian detik saja tapi awalnya tetep pegangan.

– pinterrr banget ngupil,, bener2 ngupil… ini kayaknya niru ayahnya nih suka ngupil,, kadang2 telunjuknya nyari2 lubang hidung sampai ke mata, dan dahinya,,, pernah juga abis ngupil telunjuknya masuk mulut dan diulang2 lagi (OMG), lucu deh ya walau agak jorok¬† hehehe.

– pinter idup/matiin saklar lampu (sbenernya udah dari umur 9 bulan udh bisa)

– suka makan nasinya ayah dan bunda.

– pengen nyuap sendiri, jadi kalau ngasih makan, nizam juga megang sendok dan mangkuk isi nasi, dia akan aduk2 nasinya sesekali nyuap sendiri walau seringkali sendoknya terbalik hehehe..

– kalau cerewetnya gak usah ditanya ya,, tak diragukan lagi bikin suasana meriah ūüėÄ

– ohya nizam gundul untuk pertama kalinya, sebenernya gak terlalu kelihatan sih coz rambutnya emang tipis, jadi 11 12 lah gantengnya dg sebelum dicukur

– tidurnyaaa,,,, kasur itu seakan2 punya dia sendiri,, menjelajah seantero kasur boo,,,

alhamdulillah ya Allah semoga tumbuh kembangmu sempurna anakku sayang,,,

peluk hangat dari bun dan ayah

10 Bulan my prince


yEAYYY,,, 10 bulan sudah bujang ganteng bunda menemani di sisi bunda… yuk kita update perkembangannya

– beratnya 7,9 kg — mungil ya,, insyaAllah sehat ya nak dan bisa ndut

giginya sudah dua di bawah hehe unyu-unyu menggemaskan…

– ngoceh-ngoceh panjang kayak ngomel atau cerita gak jelas tapi bunda suka dengerin dan ngetawain hehe lucuuu,,

– masih merangkak dan merambat

– makan/nyuil dengan dua jari dan makan sendiri snack-snacknya

aaaahhh bunda sayang nizam,,, mmuuuaaahh

UPDATE:

– gigi nya tumbuh 2 lagi di gusi atas,,, tapiii yang tumbuh gigi taringnya coba,,, wkwkwk,, kayak cullen dund,,,